Waspada! `Musuh` Ini Diam-Diam Serang Pekerja Kantoran

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 15 Oktober 2019 11:12
Waspada! `Musuh` Ini Diam-Diam Serang Pekerja Kantoran
Kamu sering menggunakannya tapi tak tahu ada bahaya mengintai.

Dream – Selain teman kerja yang menikam dari belakang, banyak hal yang meski kamu waspadai saat bekerja di kantor. Hal paling umum adalah serangan jantung dan diabetes yang mengintai para pekerja yang jarang berolahraga.

Tapi ada satu lagi “ musuh” yang jarang disadari oleh karyawan kantoran. Musuh kasat mata itu adalah computer vision syndrome (CVS).

Dikutip dari CekAja, Selasa 15 Oktober 2019, sindrom CVS ini adalah gangguan yang terjadi pada mata yang disebabkan telalu terlalu lama menatap perangkat elektronik berbasis komputer seperti PC, laptop, tablet, hingga smartphone.

Penelitian memperlihatkan bahwa CVS sebenarnya adalah gangguan yang terbilang umum bagi para pekerja.

Mengapa komputer dapat mengakibatkan gangguan pada mata? Ketika menatap layar, otot mata bekerja keras bergerak ke satu titik ke titik yang lain. Selain itu juga berupaya untuk fokus dalam waktu lama.

1 dari 4 halaman

Catat Gejalanya

Apalagi, huruf yang tertera di komputer tidak setajam yang terlihat di media cetak. Hal ini membuat mata dipaksa lebih fokus. Silau cahaya layar juga menambah beban pada mata.

 Beberapa gejala CVS yang umum adalah mata terasa pegal, sakit kepala, dan pandangan kabur sehingga membutuhkan usaha lebih keras untuk melihat sesuatu lebih jelas. Bahkan, gejala lainnya bisa berupa mata kering dan merah.

Selain itu, ketika melihat sesuatu menjadi dobel atau tampak ganda. Sindrom Computer vision syndrome juga dapat menyebabkan sakit pada leher dan pundak serta iritasi mata.

2 dari 4 halaman

Tips Jaga Kesehatan Mata untuk Pekerja Kantoran

Nah, untuk meminimalisir terjadinya masalah atau gangguan pada mata termasuk computer vision syndrome, kamu para pekerja kantoran sebaiknya mulai menjaga kesehatan mata. Lakukan hal-hal berikut ini untuk menjaga kesehatan mata:

Jaga Jarak Pandang

Selama bekerja, janganlah melihat ke komputer dengan jarak yang terlalu dekat. Selalu jaga jarak pandang kamu yang aman dengan komputer yaitu minimal sekitar 30 cm. Tujuannya agar mata tetap sehat dan tidak mudah lelah.

Mengedipkan Mata

Tahukah kamu berkedip dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi kelelahan akibat menatap komputer terlalu lama? Berkedip juga akan melindungi jaringan dari kotoran dan debu. Ketika berkedip, akan membersihkan mata dengan cara alami.

3 dari 4 halaman

Jangan Lupa Ambil Jeda

Ambil Jeda

Jangan terus-terusan memandang komputer dalam jangka waktu lama. Kamu harus sesekali mengalihkan pandangan dari komputer selama beberapa menit. Gunakan metode 20-20-20 untuk mengistirahatkan mata.

Maksudnya adalah, istirahatkan mata setiap 20 menit setelah menatap layar. Istirahatkan mata dengan cara mengalihkan pandangan ke objek lain yang jaraknya minimal 20 kaki atau 6 meter. Lakukan ini selama 20 detik.

Metode 20-20-20 ini akan menjaga mata dari kelelahan dan mengurangi ketegangan. Jadi, metode ini baik untuk dilakukan demi menjaga kesehatan mata.

 

 

Perhatikan Kecerahan Layar Monitor

Coba perhatikan kecerahan pada layar monitormu, jangan terlalu cerah atau gelap. Carilah tingkat kecerahan yang paling membuatmu nyaman. Kalau perlu, manfaatkan screen protector agar matamu tidak mudah lelah.

4 dari 4 halaman

Bersihkan Layar Komputer

Bersihkan Layar Komputer

Kamu juga harus rajin membersihkan layar komputermu. Karena, tanpa disadari, debu yang menempel di layar komputer dapat membiaskan cahaya. Dengan begitu, mata kan berusaha lebih keras untuk bisa fokus sehingga mudah lelah.

Konsumsi Makanan Bervitamin A

Kamu juga sebaiknya memperbanyak asupan vitamin khususnya vitamin A. Makanan yang banyak mengandung vitamin antara lain tomat, pepaya, dan wortel. Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai variasi agar tidak bosan.

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting