Menteri Wishnutama Yakin Pariwisata RI Melesat Saat Vaksin Corona Dibagikan

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 14 Agustus 2020 06:12
Menteri Wishnutama Yakin Pariwisata RI Melesat Saat Vaksin Corona Dibagikan
Wishuntama mengajak para pelaku industri pariwisata tidak pasrah menunggu, tetapi justru bersiap agar industri kembali pulih secepatnya.

Dream - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio optimistis aktivitas pariwisata di Indonesia akan kembali menggeliat dan tumbuh melesat setelah vaksin Covid-19 ditemukan dan didistribusikan kepada masyarakat.

Seperti diketahui Indonesia saat ini tengah melakukan uji klinis vaksin Covid-19 tahap ketiga yang merupakan kerjasama antara PT Biofarma dan Sinovac. Uji klinis ini diharapkan selesai pada akhir tahun 2020.

Sembari menanti efektivitas dan keamanan vaksin tersebut, Wishnutama mengajak para pelaku industri pariwisata tidak pasrah menunggu. Menparekraf mengajak para pelaku industri pariwisata untuk kembali bersiap ketika kondisi sudah kembali normal seperti sedia kala.

" Saya yakin setelah vaksin sudah diproduksi dan didistribusikan, sektor ekonomi kreatif dan pariwisata akan melesat,” kata Wishnutama dalam konferensi pers daring Traveloka Clean Partners, Kamis 13 Agustus 2020.

 

1 dari 2 halaman

Andalkan Wisatawan Domestik

Menparekraf mengatakan, pariwisata domestik untuk saat ini andalan di tengah pembatasan aksi wisatawan mancanegara ke Indonesia. Kondisi ini juga berlaku di negara lain karena masih adanya pandemi virus Covid-19.

“ Kita bisa bantu mendorong bangkitnya kembali sendi-sendi di sektor pariwisata melalui wisatawan nusantara,” kata dia.

Wishnutama memastikan pemerintah terus berupaya mendorong agar wisatawan nusantara bisa merasa aman saat melancong ke destinasi wisata Tanah Air. Salah satunya adalah mengimbau pelaku usaha wisata menjalankan protokol CHSE atau Clean, Health, Safety, and Environment.

2 dari 2 halaman

Langkah ini turut didukung oleh pelaku industri, salah satunya biro perjalanan daring Traveloka yang memperkenalkan kampanye Traveloka Clean Partners.

“ Di fase transisi ini, dibutuhkan kerja sama berbagai pihak untuk menghadirkan inovasi-inovasi yang tidak hanya mendorong pemulihan industri, namun juga untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di tanah air.”

Label Clean Partners disematkan pada produk dan layanan Traveloka, mulai dari transportasi, hotel, hingga restoran agar pengguna bisa merasa lebih aman dan nyaman di tengah masa adaptasi kebiasaan baru.

Kampanye Traveloka Clean Partners telah hadir secara bertahap sejak Juni 2020 di lebih dari 240 kota di tanah air dan hingga kini telah menggandeng lebih dari 2.000 mitra yang telah berkomitmen untuk memenuhi standar protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang sesuai dengan ketetapan pemerintah dan institusi terkait.(Sah)

Beri Komentar