Layanan Konsumen Pakai Sistem IT, Zomato PHK 540 Pegawai

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 18 September 2019 10:48
Layanan Konsumen Pakai Sistem IT, Zomato PHK 540 Pegawai
Pemecatan ini merupakan gelombang yang kedua.

Dream – Platform pencari restoran, Zomato, dikabarkan telah memecat sekitar 540 karyawan. Jumlahnya sebanyak 10 persen dari total semua karyawannya.

Dikutip dari India Times, Selasa 17 September 2019, putaran pertama, ada 60 orang yang dirumahkan. Para pegawai yang dirumahkan tersebut berasal dari tim layanan konsumen.

Zomato memutuskan memberhentikan para pegawai karena pekerjaan yang selama ini mereka lakoni akan digantikan dengan sistem automatisisasi. Karyawan yang diberhentikan akan mendapatkan pesangon 2—4 bulan.

“ Ini adalah putaran kedua PHK dalam sebulan,” tulis perusahaan.

Zomato menilai ada peningkatan produk dan platform teknologi. Automatisasi dipilih karena mereka ingin meningkatkan layanan yang sempat turun dari 15 persen menjadi 7,5 persen.

Perusahaan juga menggelar bursa kerja untuk membantu karyawan-karyawan yang terkena PHK mendapatkan pekerjaan baru.

1 dari 5 halaman

Bukan Pertanda Pangkas Biaya

Zomato bersikeras PHK bukan sinyal perusahaan sedang kesulitan uang. Dikatakan bahwa tahun ini perusahaan asal India itu mempekerjakan 1.200 orang di beragam fungsi. Lalu, ada juga 400 orang di posisi roll off. Jumlah karyawan yang tersisa di dukungan pelanggan sebanyak 400 orang.

“ Saat ini, kami sedang merekrut tim teknologi, produk, dan analisis data,” kata perusahaan.

Sekadar informasi, PHK terjadi karena Zomato berselisih dengan asosiasi restoran India akibat program keanggotaan yang kontroversial, yaitu Gold.

Restoran-restoran menyebut program ini merugikan karena harus memberikan satu hidangan gratis kepada karyawan.

Menilai program ini merugikan, ada sekitar 6 ribu restoran menarik diri dari keanggotaan Zomato. Jumlahnya sekitar 33 persen dari total resto yang terdaftar sebagai anggota Zomato. 

2 dari 5 halaman

Beredar Kabar PHK, Bukalapak Angkat Bicara

Dream – Beredar kabar bahwa Bukalapak melakukan PHK beberapa karyawan di sejumlah divisi untuk efisiensi. E-commerce unicorn ini akhirnya angkat bicara terkait kabar itu.

" Menjadi Sustainable E-commerce (perusahaan e-dagang yang menghasilkan keuntungan) penting bagi kami karena walaupun pertumbuhan GMV (Nilai Total Penjualan) adalah indikator yang penting bagi semua e-commerce,” kata Chief of Strategy Officer Bukalapak, Teddy Oetomo, dalam keterangan tertulis. 

Menurut Teddy, Bukalapak sedang melakukan penyelarasan internal untuk menerapkan strategi bisnis jangka panjang. Langkah ini dilakukan agar e-commerce ini bisa terus tumbuh dan berdampak positif kepada Indonesia.

E-commerce ini, kata Teddy, telah melangkah ke tahap yang lebih jauh dan monetisasinya naik. Profitabilitasnya juga diperkuat dan telah berjalan dan melampaui ekspektasi.

Bukalapak mencatat gross profit naik tiga kali lipat sepanjang semester I. Kenaikan ini tiga kali lipat dari periode yang sama tahun 2018. Kerugian pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) juga sudah berkurang 50 persen dalam delapan bulan terakhir.

“ Bagi para pengguna dan partner bisnis kami, penataan ini berarti kami bisa memfokuskan diri untuk meningkatkan layanan dan memberi dampak positif lebih luas,” kata dia.

3 dari 5 halaman

12.500 Pegawai Nissan di Seluruh Dunia Kena PHK, Indonesia?

Dream – “ Kerajaan” Nissan sedang goyang. Dengan penjualan yang terus menurun, produsen otomotif ini berencana memangkas 12.500 karyawannya di seluruh dunia.

Pemecatan ini dilakukan kepada karyawannya di luar Jepang, termasuk Indonesia.

Salah seorang pekerja pabrik Nissan yang terkena dampak program pengurangan pekerja mengaku telah mendapatkan uang tunjangan sesuai yang dijanjikan.

" Karyawan yang kena PHK udah dapet uang pesangon. Dibayar full. Langsung beli Grand Livina untuk jadi sopir taksi online," kata mantan karyawan Nissan yang enggan disebutkan namanya, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 30 Juli 2019.

Karyawan ini sudah tidak bekerja sejak Lebaran lalu. Dia mengaku tak tahu berapa karyawan Nissan Indonesia yang terkena PHK.

“ Tadinya, ada dua plant. Sekarang yang jalan hanya satu plant untuk produksi Datsun,” kata dia.

Sekadar informasi, penurunan keuntungan Nissan selama 4 bulan pertama 2019 mencapai 90 persen. Bahkan, hal tersebut menjadi capaian terburuk dalam 10 tahun terakhir

4 dari 5 halaman

Jangan Sedih, Ini 3 Hikmah di Balik PHK

Dream – Sahabat Dream, pemecatan acapkali menjadi momok bagi karyawan. Pekerjaan hilang dan mimpi merintis karier sirna.

Tapi, pemecatan tidak selalu berarti bencana. Meskipun ditendang dari perusahaan, ada hikmah di balik itu semua. Malah ada yang sukses setelah perusahaan memutuskan hubungan pekerjaan.

Contohnya, Steve Jobs yang pernah hengkang dari perusahaan Apple—perusahaan ini adalah perusahaan yang didirikannya bersama Steve Wozniak, Mike Markkula, dan orang-orang lain. Setelah dipecat, dia justru berpikir positif dan mendirikan perusahaan bernama Next. Lalu, Apple membeli Next dan menjadikan Jobs sebagai pemimpin Apple pada 1997-2011

Nah, di samping bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik daripada ini, ada tiga hikmah yang bisa didapatkan setelah di-PHK. Berikut ini uraiannya, sebagaimana dikutip Dream dari Duit Pintar. (eko)

5 dari 5 halaman

Dapat Pesangon sampai Berkesempatan Tekuni Passion

Dapat Pesangon

Menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, setiap pekerja yang dipecat, berhak atas pesangon, dengan catatan dicoret dari perusahaan bukan karena perbuatan kriminal.

Uang pesangon yang diterima ini jumlahnya bisa mencapai dua kali gaji dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan mendesak, seperti utang yang akan jatuh tempo.

 

Waktu Kumpul dengan Keluarga Lebih Banyak

Ketika bekerja, keluarga mungkin sering ditinggalkan. Ketika tak lagi bekerja, waktu luang bersama keluarga pun menjadi lebih banyak.

Sambil mencari pekerjaan baru, lebih baik memuaskan diri untuk berkumpul dengan keluarga. Misalnya membawanya jalan-jalan. Tapi, ingat bujet juga, ya…

 

Tekuni Passion

Bagi beberapa orang, passion tidak bsia ditawar. Ketika berhenti kerja karena tidak sesuai gairah, ini akan menjadi keuntungan bagi dirinya. Dengan begitu, yang bersangkutan bisa mengejar gairah hidupnya.

Bekerja di kantor yang tak sesuai minat, bisa membuat seseorang tersiksa, lo.

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan