14 Manfaat Kulit Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 24 Desember 2019 14:02
14 Manfaat Kulit Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil
Buah dengan daging berwarna merah ini memiliki banyak manfaat.

Dream - Menjaga kondisi kesehatan merupakan hal penting dalam beraktivitas. Menjadi sehat bisa kamu dapatkan darimana saja, mulai dari olahraga sampai mengonsumsi buah-buahan.

Salah satu buah yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan adalah buah naga. Buah dengan nama hewan mitologi ini memiliki rasa yang khas.

Rasanya sangat segar dengan tekstur yang lembut. Buah naga juga ada yang berwarna putih dan juga merah.

Manfaat buah naga untuk kesehatan memang banyak, terutama untuk ibu hamil. Berikut ini adalah 14 manfaat kulit buah naga merah untuk ibu hamil.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga Merah

© MEN

Buah naga merah memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga merah untuk kesehatan.

Menurunkan kolesterol

Manfaat buah naga merah pertama yaitu dapat menurunkan kolesterol. Hal tersebut karena buah naga memiliki kandungan vitamin B3 yang sangat tinggi. Beberapa ahli pun menyarankan untuk mengonsumsi buah naga merah pada pasien penderita kolesterol tinggi.

Mengontrol gula darah

Buah naga merah juga bisa membantu mengontrol gula darah. Rasa manis dari buah naga merah bukan berasal dari glukosa. Hal itu membuat buah naga merah sangat aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Mengatasi kanker

Mampu mengatasi kanker juga merupakan salah satu dari manfaat buah naga merah. Buah naga merah mengandung lycopene. Lycopene, yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu menghambat pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh.

Membantu masalah pencernaan

Manfaat buah naga selanjutnya yaitu dapat membantu melancarkan masalah pencernaan. Kandungan fiber atau serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit.

Dengan memakan dagingnya yang juga mengandung protein baik, dapat membuat badan menjadi sehat dan segar

Membantu meringankan batuk dan asma

Manfaat buah naga juga bisa kamu dapatkan dari bijinya sekalipun. Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi sehingga bagi kamu yang menderita asma atau sedang batuk tidak berhenti-berhenti, maka akan sedikit terobati.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

© MEN

Buah naga juga bermanfaat untuk ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Mampu mengatasi anemia

Manfaat buah naga untuk ibu hamil pertama yaitu dapat mengatasi anemia. Dengan mengkonsumsi buah naga, dapat mencegah anemia, karena buah naga kaya akan zat besi sebagai penyusun utama sel darah merah.

Menjaga kestabilan gula darah dan tekanan darah

Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga bisa menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah. Karena tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Mampu meningkatkan imunitas

Dapat meningkatkan imunitas juga merupakan salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil. Buah naga mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah naga maka dapat mencegah serangan dari berbagai macam penyakit.

Menambah tenaga dan kekuatan

Manfaat buah naga juga dapat menambah tenaga dan kekuatan untuk ibu hamil. Ibu hamil memang membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas. Buah naga sangat bermanfaat untuk ibu hamil sebab, dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 - 14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi yang alami.

Memperkuat tulang dan gigi

Manfaat buah naga ternyata juga bisa memperkuat tulang dan gigi. Kandungan mineral-mineral yang juga terdapat pada buah naga,yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Mengkonsumsi buah ini membuat ibu hamil dan janin yang dikandungnya akan memiliki tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan tulang.

Mencegah keguguran dan kelahiran prematur

Kandungan asam folat yang terdapat pada buah naga berfungsi untuk memperkuat janin, serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Buah Naga

© Dream

Kulit buah naga juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga dari kulitnya yang bisa kamu dapatkan.

Meredakan tumor

Di dalam kulit buah naga terdapat senyawa yang memiliki peran aktif untuk menghambat sel abnormal yang kemudian menjadi tumor. Untuk mengonsumsi kulit buah naga sangatlah mudah.

Kamu bisa mulai memotong kulit buah naga menjadi kecil-kecil, kemudian dijemur hingga kering. Jika kulit buah naga sudah kering, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara diseduh dengan air panas layaknya menyeduh teh dan bisa dikonsumsui sebanyak dua kali sehari.

4 dari 4 halaman

Bisa Merawat Kulit

Melenturkan pembuluh darah

Kulit buah naga juga mengandung senyawa yang mampu melenturkan pembuluh darah. Senyawa aktif yang mampu melenturkan pembuluh darah ini adalah taraxast 12, pentacylic triyepene 20ene 30aol. Dua senyawa ini mampu bekerja dengan baik untuk melenturkan pembuluh darah.

Merawat kulit

Manfaat buah naga di bagian kulitnya juga dapat merawat kulit. Kulit buah naga mengandung antioksidan, vitamin C dan Vitamin E yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang membuat kulit menjadi kusam, kering, dan sakit. (mut)

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar