6 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Lengkap dengan Cara Mengolahnya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 28 Juli 2022 12:36
6 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Lengkap dengan Cara Mengolahnya
Kulit buah naga memiliki manfaat yang tidak kalah istimewa dari daging buahnya.

Dream – Buah naga tak hanya memiliki bentuk yang unik, tetapi juga punya rasa segar serta kaya manfaat. Selama ini ketika mengonsumsi buah naga, tentu saja sahabat Dream hanya akan mengonsumsi bagian daging buahnya saja yang berwarna merah keunguan atau putih. Tapi, pernahkah sahabat Dream mengonsumsi kulit buah naga?

Mungkin hal ini tidak banyak dilakukan orang karena setelah mengambil daging buahnya, maka kulitnya langsung dibuang. Tapi tunggu dulu, sahabat Dream. Ternyata kulit buah naga bisa kamu manfaatkan juga lho. Manfaat kulit buah naga juga tidak kalah dengan daging buahnya. Bahkan kamu bisa mengolah kulit dari buah yang memiliki nama latin Hylocereus undatus ini menjadi masakan yang lezat.

Makin penasarankan apa saja manfaat kulit buah naga bagi kesehatan? Yuk, simak penjelasannya sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan© Freepik.com

Melenturkan Pembuluh Darah

Manfaat kulit buah naga yang pertama adalah bisa melenturkan pembuluh darah. Hal ini tidak terlepas dari kandungan yang ada dalam kulit buah naga itu sendiri, yakni berupa senyawa aktif araxast 12 dan pentacylic triyepene 20ene 30aol. Kandungan itulah yang memiliki peran penting untuk melenturkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan.

Agar sahabat Dream terhindar dari kondisi tersebut, maka tidak ada salahnya ketika mengonsumsi buah naga, maka kulitnya jangan langsung dibuang, tetapi turut dikonsumsi juga. Karena terjadinya penyempitan pembuluh darah bisa memicu penyakit yang parah seperti hipertensi dan serangan jantung.

Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Terjadinya penyumbatan di pembuluh darah tentunya berbahaya bagi tubuh sahabat Dream, Oleh karena itu, hal tersebut sebisa mungkin haruslah dihindari, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Nah, manfaat kulit buah naga bisa untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Di dalamnya terdapat kandungan antosianin sebagai antioksidan di dalam tubuh. Di mana kandungan itulah yang ampuh dalam mencegah aterosklerosis, yakni penyakit penyumbatan pembuluh darah. Cara kerjanya adalah dengan menghambat proses aterogenesis melalui oksidasi lemak jahat, yakni lipoprotein densitas rendah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Mencegah Tumor

Manfaat kulit buah naga berikutnya adalah bisa mencegah dari tumor. Hal ini karena di dalam kulit buahnya memiliki kandungan yang berperan aktif untuk menghambat sel abnormal yang menyebabkan penyakit tumor. Jadi, setelah makan buah naga, kulitnya jangan langsung dibuang ya. Tetapi juga turut dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu.

Mencegah Kanker

Seperti diketahui bersama bahwa penyakit kanker sangatlah berbahaya bagi manusia. Meski ada yang mampu sembuh dari penyakit ini, namun pada kenyataannya tidak sedikit yang kehilangan nyawa karena digerogoti oleh sel kanker. Meski begitu, penyakit ini bisa sahabat Dream cegah yang salah satunya dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Buah naga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu konsumsi sehari-hari. Tidak hanya daging buahnya saja, tetapi kulit buahnya pun juga bermanfaat untuk mencegah kanker. Di dalam kulit buah naga terkandung fitoalbumin yang berkombinasi dengan vitamin C dan mineral lainnya. Dengan kandungan itulah yang bisa mencegah seseorang dari berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker darah, paru-paru, payudara, liver, dan sebagainya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan© Freepik.com

Sumber Antioksidan

Buah naga sendiri adalah sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Begitu juga dengan kulitnya yang kaya akan kandungan antioksidan. Keberadaan antioksidan sangatlah penting bagi tubuh, terutama untuk melawan radikal bebas yang berbahaya dan bisa memicu hadirnya penyakit kronis.

Kulit buah naga bisa sahabat Dream manfaatkan untuk dijadikan sebagai pewarna alami yang tentu saja aman. Selain itu, bisa juga sebagai bahan baku pembuatan kosmetik yang aman untuk kulit.

Merawat Kecantikan Kulit

Manfaat kulit buah naga selain baik bagi kesehatan fisik, juga baik untuk kecantikan. Terutama untuk merawat kecantikan kulit sahabat Dream. Hal ini karena kulitnya memiliki kandungan antioksidan, vitamin C dan E yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan ampuh dalam melawan radikal bebas yang membuat kulit menjadi terlihat kusam dan kering.

Bagi sahabat Dream yang memiliki masalah kulit berupa jerawat, komedo, dan keriput, maka bisa memanfaatkan kulit buah naga. Caranya mudah sekali, yakni dengan menghaluskan kulit buah naga dan diaplikasikan ke kulit sebagai masker.

4 dari 4 halaman

Cara Mengolah Kulit Buah Naga

Cara Mengolah Kulit Buah Naga© Freepik.com

Kesemua manfaat kulit buah naga di atas bisa kamu dapatkan dengan beberapa cara. Misalnya saja dijadikan teh dengan dipotong-potong terlebih dahulu lalu dijemur. Setelah kering, barulah bisa sahabat Dream seduh seperti saat menyeduh teh pada umumnya. Kamu bisa meminumnya sebanyak dua kali dalam sehari.

Selain itu, kulit buah naga juga bisa kamu olah menjadi tumis yang lezat. Berikut adalah caranya:

Bahan-bahan:

  • 2 kulit buah naga
  • 1 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 3 butir merica
  • 1 buah cabai rawit (jumlah sesuai selera)
  • Gula jawa atau gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

  1. Cucilah kulit buah naga sampai bersih dan potong bagian luarnya yang berbentuk segitiga tersebut.
  2. Potong kulit buah naga dengan ukuran kecil.
  3. Potong bawah merah tipis-tipis dan tumbuk bawang putih sampai halus dengan diberi tambahan garam dan merica.
  4. Tumis kesemua bumbu dan beri tambahan gula, lalu aduk sampai rata.
  5. Masukkan kulit buah naga dan aduk kembali. Tunggu sampai kulit buah naga menjadi empuk dan bumbu meresap. Saat dimasak, kulit buah naga akan mengeluarkan cairan yang berwarna merah keunguan.
  6. Cobalah cek rasanya apakah sudah pas atau belum.
  7. Jika sudah, maka tumis kulit buah naga siap dihidangkan. Akan lebih lezat jika sahabat Dream memakannya dengan nasi hangat. Selamat mencoba.
Beri Komentar