3 Manfaat Jalin Silaturahmi dengan Kerabat

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 24 September 2018 13:43
3 Manfaat Jalin Silaturahmi dengan Kerabat
Bisa dimaknai silaturahmi sebagai hubungan kekerabatan atas dasar kasih sayang.

Dream – Bersilaturahmi adalah bagian dari kebutuhan kita sebagai manusia. Menjaga hubungan baik dengan sesama memang sangat dianjurkan, terlebih dengan kerabat dan saudara.

Kata silaturahmi berakar dari bahasa Arab, yaitu shilah, yang berarti hubungan atau relasi, dan rahim berarti kerabat atau kasih sayang. Bisa dimaknai silaturahmi sebagai hubungan kekerabatan atas dasar kasih sayang.

Menjaga silaturahmi sangat penting. Allah SWT telah berfirman dalam QS Al Anfaal ayat 63, Kalau kalian tidak mengerjakan apa yang Aku perintahkan itu (yaitu untuk berukhuwah, bersilaturahmi) tentu akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.

Selain menaati perintah Allah SWT, bersilahturami juga memiliki segudang manfaat. Berikut tiga di antaranya:

Mempererat tali persaudaraan

Di usia produktif ini kita seringkali disibukkan dengan beragam hal yang membuat kita tidak memiliki waktu untuk menyapa saudara dan keluarga. Kesibukan memang dapat melenakan.

Usahakan untuk tetap meluangkan waktu sejenak dan menghubungi sanak saudara. Apalagi kini dengan teknologi yang semakin canggih, kita bisa bertatap wajah dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi di smartphone

 shutterstock

Memanjangkan usia

Sahabat Dream ingin panjang umur? Maka silaturahmi lah kuncinya. Dari Abu Haraiorh r.a, Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa yang ingin diluaskan rejekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambungkan silaturahmi (H.R. Bukhori).

Bersilaturahmi akan memberikan ketenangan dan ketentraman bagi batin kita. Jika pikiran dan hati bahagia, maka efeknya juga sangat baik bagi kesehatan.

Menambah pahala

Orang yang senang bersilaturahmi akan dikenang oleh mereka yang dikunjunginya dan membuatnya didoakan bagi mereka yang merindukannya.

Bertatap Muka

Meskipun teknologi telah memudahkan kita dalam bersilaturahmi, usahakan untuk tetap bertemu langsung.

 shutterstock

Saat bertemu dengan kerabat, pastikan penampilan kita terlihat sopan dan enak dilihat.

Untuk itu, jangan lupa untuk menjaga kesegaran napas Sahabat Dream, sehingga acara ngobrol-ngobrol tidak terganggu. Ajaran Islam menekankan umatnya untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Bahkan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis sangat menekankan agar seorang Muslim membersihkan giginya setiap akan sholat.

Selektif lah saat memilih pasta gigi, Sahabat Dream. MUI pernah mengingatkan bahwa masih banyak pengolahan pasta gigi yang mengandung unsur syubhat (meragukan). Contohnya perasa dalam pasta  bisa berasal dari alkohol, bisa juga dari zat sejenis binatang berang-berang.

Pasta gigi tidak boleh mengandung bahan haram, baik najis ataupun tidak. Ini penting karena pasta gigi berisiko tertelan dan masuk ke dalam tubuh saat digunakan.

Satu hal yang pasti, Nabi junjungan kita, Rasulullah SAW diketahui menyikat giginya dengan menggunakan siwak.

Ada hadis yang berbunyi, " Siwak membersihkan gigi dan ini menyenangkan Allah. Setiap kali Jibril mengunjungiku, dia menyuruhku menggunakan siwak, hingga aku pun khawatir bahwa menggunakan siwak diwajibkan. Seandainya tidak khawatir akan membebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya." (HR Bukhari dan Muslim).

Pada 1986, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan merekomendasikan penggunaan siwak untuk membersihkan gigi dan mulut.

#WaktunyaHijrah ke pasta gigi yang telah memiliki sertifikat halal. Saat ini telah hadir Sasha Halal Toothpaste. Pasta gigi dengan serpihan asli siwak yang diperkaya dengan ekstrak daun sirih. Efektif melawan bakteri penyebab plak dan bau mulut, serta merawat kesehatan gigi dan gusi.

 Sasha Indonesia

Sasha Halal Toothpaste mengandung flouride yang membantu mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatan kekuatan gigi. Tersedia juga pasta gigi Sasha whitening dengan kandungan lemon dan garam, yang akan membuat gigi lebih putih, sehat, kuat, serta nafas segar dan tahan lama.

Yuk, #HijrahBarengSasha. Segera tinggalkan kebiasaan buruk dan beralihlah ke kebiasaan baik untuk menjalani hidup yang lebih berkualitas.  Mari kita tegakkan hijrah menjadi kebiasaan yang menghidupkan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Sasha Halal Toothpaste, Sahabat Dream bisa mengunjungi instagram Sasha (@SashaIndonesia) dan Facebook Sasha Pancaran Aura Islami.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal