6 Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan

Reporter : Arini Saadah
Senin, 16 November 2020 15:45
6 Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan
Cuaca hujan dan hawa dingin merupakan pendukung terjadinya penularan virus influenza.

Dream – Musim hujan sudah melanda negara kita. Biasanya di musim hujan orang akan gampang terserang penyakit, salah satunya yang paling sering adalah flu atau influenza.

Dilansir laman SehatQ, sebenarnya musim hujan dan hawa dingin bukanlah penyebab flu. Namun flu ini disebabkan oleh virus influenza. Sedangkan cuaca hujan dan hawa dingin hanyalah pendukung terjadinya penularan virus influenza.

Apalagi di negara tropis seperti Indonesia, flu bisa saja terjadi sepanjang tahun. Tetapi penelitian membuktikan flu adalah penyakit yang salah satunya memang sering menyerang saat musim hujan dengan kondisi udara yang lembap.

Ada satu hipotesis yang bisa menjelaskan banyak orang terserang flu di musim hujan. Yaitu saat musim hujan orang-orang cenderung menghabiskan waktu di dalam ruangan. Kondisi inilah yang membuat orang lebih sering kontak satu sama lain yang menyebabkan penularan tak terhindari.

Tapi jangan khawatir Sahabat Dream, berikut ini kita akan membagikan informasi tentang 6 cara mencegah flu saat musim penghujan.

1 dari 6 halaman

Rajin Cuci Tangan

Ilustrasi© freepik.com

Cara mencegah flu saat musim penghujan yang pertama adalah dengan rajin mencuci tangan. Virus  influenza mampu bertahan di permukaan benda selama 24 jam. Maka dari itu kamu harus rajin mencuci tangan.

Waktu-waktu yang disyaratkan mencuci tangan adalah saat sebelum makan, sebelum menyentuh wajah, serta setelah menggunakan toilet.

Mencuci tangang dengan sabun dan air mengalir akan membantu membunuh virus yang menempel di telapak tanganmu.

© Dream
2 dari 6 halaman

Pakai Hand Sanitizer

Ilustrasi© freepik.com

Jika terlalu repot mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, kamu juga bisa memanfaatkan hand sanitizer untuk membersihkan tanganmu.

Siapkan selalu hand sanitizer di tasmu. Pilihlah hand sanitizer yang setidaknya mengandung 60 persen alkohol.

Sebelum kamu menyentuh wajah, hendak makan, atau setelah melakukan kontak dengan orang lain, sebaiknya gunakan hand sanitizer di kedua tanganmu.

3 dari 6 halaman

Jaga Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi© freepik.com

Cara mencegah flu saat musim penghujan adalah dengan menjaga daya tahan tubuh tetap fit. Sistem imunitas yang kuat mampu melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh. Sebab saat kamu terinfeksi virus, sistem imun tubuh akan mencegah infeksi tidak kian bertambah parah.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menguatkan daya tahan tubuh adalah dengan:

  1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi, kaya vitamin dan antioksidan seperti buah dan sayur.
  2. Istirahat cukup 7 sampai 9 jam per hari.
  3. Rutin berolahraga selama 30 menit dalam sehari sebanyak tiga kali seminggu.
© Dream
4 dari 6 halaman

Jangan Merokok!

Ilustrasi© freepik.com

Cara mencegah flu saat musim penghujan selanjutnya adalah dengan mengurangi kebiasaan merokok. Lebih bagus jika berhenti merokok.

Berhenti merokok tidak hanya mencegah flu, tapi juga mencegah berbagai penyakit yang dapat merusak organ tubuh.

Alasannya adaah zat adiktif di dalam rokok bisa memengaruhi sistem imun pada tubuh. Alhasil membuat tubuh kamu rentan terhadap flu maupun pilek.

5 dari 6 halaman

Pakai Masker Selalu

Ilustrasi© freepik.com

Selain mencuci tangan dan berhenti merokok, cara mencegah flu saat musim penghujan adalah dengan selalu mengenakan masker.

Masker dipercaya bisa membantu mencegah penularan flu. Saat keluar rumah pastikan kamu selalu memakai masker apalagi saat menggunakan transportasi umum dan di tempat keramaian.

Jika teman sekantormu sudah ada yang terkena flu, maka sebaiknya kamu menggunakan masker saat di kantor supaya tidak tertular. Selain itu, si penderita flu dan pilek juga sebaiknya memakai masker supaya tidak menulari orang lain di dekatnya.

Pastikan kamu menggunakan masker dengan benar, yaitu sisi biru atau hijau di bagian luar, dan sisi putih di bagian dalam.

© Dream
6 dari 6 halaman

Vaksin Flu Tahunan

Kamu juga bisa mencegah flu supaya tidak menghampiri di musim penghujan dengan cara mendapatkan vaksin flu tahunan.

Virus influenza penyebab flu yang tersebar kadang bisa berubah menjadi kuat seiring waktu. Dengan demikian vaksin flu tahunan perlu dilakukan untuk mengurangi risiko tertular penyakit ini. Kamu bisa mendapatkan vaksin flu tahunan di fasilitas kesehatan terdekat.

Sahabat Dream juga bisa menanyakan kepada dokter tentang vaksin PCV. Vaksin ini bisa menurunkan risiko terserang meningitis, pneumonia, dan infeksi lainnya.

Flu di negara tropis seringkali memang terjadi saat musim hujan. Karena kondisi udara yang lembab sangat cocok bagi virus influenza untuk berkembang di mana-mana. Maka dari itu kamu bisa menerapkan sejumlah ara pencegahan di atas supaya terhindari dari penyakit flu yang mengganggu aktivitas harianmu ini.

Beri Komentar