Jarang Disadari, Ini 6 Penyebab Kanker Kulit

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 14 Agustus 2018 06:42
Jarang Disadari, Ini 6 Penyebab Kanker Kulit
Jangan dianggap sepele!

Dream - Jangan pernah meremehkan kanker kulit. Apalagi dengan dampak dari efek rumah kaca yang dikabarkan semakin meningkat seperti saat ini.

Sebelum terpapar penyakit mengerikan ini, sebaiknya kita mulai berusaha mencari tahu sumber penyebab kanker kulit yang bisa bisa merenggut nyawa ini jika sudah dalam tahap kronis. 

Meskipun kanker kulit dapat diobati dan disembuhkan, tingkat kekambuhannya sangat tinggi.

Penyakit ini juga menyebabkan kemungkinan kematian yang disebabkan kegagalan organ semakin tinggi.

Berikut adalah penyebab kanker kulit yang harus diwaspadai:

1. Terlalu Lama di Bawah Sinar Matahari

Penelitian di Melanoma Research Foundation menemukan fakta paparan sinar matahari secara langsung dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kulit menjadi lebih tinggi.

Satu luka bakar matahari dapat memicu pertumbuhan sel kanker di kulit. Jadi, selalu penting untuk memakai tabir surya saat bepergian.

Studi penelitian menunjukkan bahwa orang dengan warna kulit yang cerah memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena kanker kulit dibandingkan dengan orang-orang dengan warna kulit lebih gelap.

 Sering terkena sinar matahari secara langsung© shutterstock.com

2. Kulit yang Cerah

Pemilik kulit cerah cenderung memiliki jumlah melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit, yang lebih sedikit.

Melanin dikenal untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV matahari. Jadi, orang-orang dengan kulit cerah harus berusaha ekstra untuk melindungi diri dari sengatan matahari.

 

1 dari 2 halaman

Faktor Keturunan

3. Hidup di Daerah Pegunungan

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa orang yang tinggal di daerah dataran tinggi, seperti gunung atau bukit, lebih berisiko terkena kanker kulit. Karena paparan radiasi UV dari matahari lebih dekat dibandingkan dengan orang yang tinggal di daerah dataran rendah.

4. Keturunan

Ada sejumlah penyakit, seperti diabetes, hemofilia dan lain-lain yang dapat diwariskan. Faktor keturunan adalah salah satu penyebab yang diketahui.

Dan, kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang bisa memiliki penyebab terkait secara turun-temurun.

Studi penelitian telah menemukan bahwa jika orangtua memiliki riwayat kanker kulit, maka ada 50 persen kemungkinan akan menurun ke anak atau cucu.

 

2 dari 2 halaman

Keseringan Naik Pesawat

5. Terlalu Sering Naik Pesawat

Menurut penelitian University of California pada 2014, orang-orang yang sering bepergian menggunakan pesawat, termasuk kru, punya risiko lebih tinggi terkena kanker kulit. Sebab, mereka sering berada pada ketinggian.

 Naik Pesawat Bisa Bikin Kanker Kulit?© MEN

Bagaimana bisa? Karena pada ketinggian, intensitas sinar UV matahari lebih tinggi. Sehingga, orang yang sering naik pesawat terbang akan sering terpapar, meski berada di dalam perut burung besi itu.

6. Terlalu Lama di Perjalanan 

Tinggal di perkotaan membuat seseorang sering berada di angkutan umum, mobil, sepeda dan lain-lain selama berjam-jam. Tidak hanya terkena paparan sinar matahari, kulit juga trepapar polusi yang menjadi salah satu penyebab perkembangan kanker kulit pada manusia.

Sumber: Boldsky.com

Beri Komentar