7 Jenis Bau Miss V yang Perlu Dipahami Wanita

Reporter : Sugiono
Selasa, 2 Juli 2019 18:47
7 Jenis Bau Miss V yang Perlu Dipahami Wanita
Memiliki pemahaman tentang bau alami Miss V sangat penting bagi seorang wanita.

Dream - Selama ini banyak produk kewanitaan yang mengklaim bisa membuat Miss V berbau harum. Padahal, Miss V memiliki bau alami yang dihasilkan sendiri oleh tubuh wanita.

Namun, kaum wanita banyak yang merasa tidak nyaman dengan bau alami Miss V mereka sendiri. Mereka pun akhirnya membeli produk kewanitaan yang mengklaim bisa membuat harum Miss V.

Padahal produk kewanitaan tersebut belum tentu aman dan bisa-bisa membahayakan kesehatan Miss V.

Memiliki pemahaman tentang bau alami Miss V sangat penting bagi seorang wanita. Dengan mengenal berbagai jenis bau Miss V, wanita bisa mengetahui tingkat kesehatannya.

" Seperti halnya usus, Miss V memiliki microbiome sendiri yang terdiri dari berbagai jenis bakteri. Banyak di antaranya sangat berguna," kata Dr Mary Jane Minkin, profesor kebidanan klinis dan ginekologi dari Yale University School of Medicine di New Haven, Connecticut.

Dilansir dari Health24.com, berikut adalah 7 jenis bau Miss V yang perlu diketahui kaum wanita:

1 dari 6 halaman

Berbau Seperti Ragi


1. Anyir seperti ikan

Bau anyir seperti ikan pada Miss V bisa disebabkan oleh dua jenis infeksi. Infeksi pertama disebut dengan bacterial vaginosis (BV). Infeksi jenis ini yang paling umum terjadi pada wanita berusia 15 hingga 44 tahun, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

" Infeksi jenis ini terjadi ketika pH Miss V menjadi tidak seimbang akibat pertumbuhan bakteri yang berlebihan," kata Dr Minkin.

 10 Cara Mudah Memutihkan Area Organ Intim Wanita Secara Alami© MEN

Meski begitu, BV tidak membahayakan karena bukan efek dari penyakit kelamin atau seksual. Kamu bisa menyeimbangkan tingkat keasaman Miss V dengan produk penyeimbang pH yang banyak dijual di apotek dan toko obat.

Infeksi kedua disebut dengan trichomoniasis. Infeksi terjadi akibat tertular bakteri setelah berhubungan intim. Beruntung, trichomoniasis bisa disembuhkan.

Ciri trichomoniasis adalah Miss V terasa sakit saat buang air kecil. Selain itu Miss V berbau anyir disertai lendir berwarna kehijauan.

2 dari 6 halaman

2. Seperti Ragi

 

Bau ini timbul karena infeksi ragi dan biasanya tidak terlalu berbau. Tetapi, jika baunya menyengat berarti terjadi infeksi. Kadang-kadang keluar cairan kental seperti keju disertai gangguan gatal.

 Gaya hijab cantik elegan© Gaya hijab cantik elegan (Foto: Shutterstock)

Jika area sekitar Miss V mengalami kemerahan atau terasa terbakar, disertai rasa sakit setelah buang air kecil, maka Miss V mengalami infeksi ragi.

" Wanita diabetes akan mudah terserang infeksi ini karena ragi hidup dari gula. Wanita diabetes cenderung memiliki lebih banyak glukosa (alias gula) dalam cairan Miss V mereka," jelas Dr Minkin.

 

3 dari 6 halaman

3. Berbau Musky

Bau musky ini kurang lebih seperti aroma tubuh orang yang berkeringat tapi bukan bau badan. Jika Miss V berbau musky itu karena memakai celana yang terlalu ketat, atau celana dari bahan sintesis.

Jadi, ketika kamu beraktivitas, keringat tidak terserap sehingga terperangkap dan menimbulkan bau musky.

 Jauhi Benda Ini dari Miss V© MEN

Cara menghilangkannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mandi dengan sabun ringan hingga bersih.

Untuk mencegah timbulnya bau musky, pakai celana berbahan katun. Selain itu, jangan duduk dengan memakai pakaian penuh keringat.

4 dari 6 halaman

4. Seperti logam


4. Seperti logam

" Darah (menstruasi) dapat mengubah pH vagina, sehingga membuatnya berbau seperti tembaga atau besi karat," kata Dr Minkin.

Untuk mengusir bau logam, bisa mencuci Miss V dengan sabun yang tidak mengandung parfum. Karena, parfum bisa menghilangkan keasaman yang dibutuhkan Miss V.

 Ilustrasi© Shutterstock

5. Berbau busuk

Dari semua bau Miss V, ini yang paling perlu untuk diperhatikan. Tidak mengganti pembalut seharian saat menstruasi bisa menimbulkan bau busuk pada Miss V. Selain itu, bau busuk juga bisa disebabkan karena ada bagian pembalut yang tertinggal di dalam Miss V.

" Bau busuk timbul akibat pertumbuhan bakteri yang tidak terkendali di dalam ruangan yang tertutup," jelas Dr Minkin. Jika bau busuk ini tetap saja muncul meski sudah membersihkan Miss V, segera periksakan ke dokter.

5 dari 6 halaman

6. Seperti cairan pemutih


6. Seperti cairan pemutih

Ada kalanya Miss V berbau seperti cairan pemutih. Hal ini disebabkan karena infeksi BV.

Selain bau anyir, BV juga bisa menimbulkan bau seperti cairan pemutih atau amonia dari Miss V.

 Ilustrasi© Shutterstock

Penggunaan pelumas saat melakukan hubungan seksual juga bisa mengakibatkan bau ini pada Miss V.

Bercampurnya sperma yang kadar keasamannya rendah juga bisa menimbulkan bau amonia ini.

6 dari 6 halaman

7. Memiliki bau yang manis atau gurih


7. Memiliki bau yang manis atau gurih

Bau manis dari Miss V ini timbul akibat diet sehat yang dilakukan pemiliknya. Terkadang buah jeruk dan nanas bisa menimbulkan bau manis pada Miss V.

Demikian juga dengan asparagus dan bawang putih. Keduanya diketahui bisa mengubah bau urine menjadi tidak sedap. (ism)

Beri Komentar