Amankah Pakai Menstrual Cup?

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 15 Agustus 2019 11:36
Amankah Pakai Menstrual Cup?
Sahabat Dream sudah pernah coba?

Dream - Sahabat Dream, familiar enggak dengan produk-produk yang membantu kita saat datang bulan? Salah satu produk yang lagi hit dan jadi perbincangan di kalangan perempuan saat ini adalah menstrual cup.

Penjual menstrual cup di Indonesia memang masih sedikit dan informasi yang tersedia juga terbatas. Sehingga wajar saja kaum Hawa masih takut menggunakan produk ini karena khawatir dengan kebersihannya.

Namun kalian sebenarnya tidak perlu risau, sebab bila dipakai dengan cara yang benar dan menjaga kebersihan, produk ini sangat praktis dan aman.

“ Produk itu (menstrual cup), mengharuskan penggunanya untuk tetap menjaga kebersihan dan memperhatikan organ intim perempuan. Penggunaan produk dengan tangan tidak bersih bisa memberikan dampak negatif yaitu keputihan,” ujar dr. Grace Valentine, Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah-Puri Indah, pada Rabu, 14 Agustus 2019.

Buat yang penasaran dengan menstrual cup, yuk simak info lengkapnya berikut ini. Baca sampai selesai, ya!

1 dari 3 halaman

Apa sih menstrual cup?

Menstrual cup atau cup cawan merupakan produk sanitary femine hygiene yang terbuat dari silicon dan dapat digunakan berkali-kali.

Bentuknya yang kecil dan sangat mudah dibawa juga jadi keunggulan produk ini.

Menstrual cup bisa menahan darah menstruasi lebih lama dari produk lain seperti tampon dan lainnya. Kalian bisa menggunakan ini selama 6-12 jam, tergantung volume menstruasi kalian.

 shutterstock

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan cara kerjanya?

Berbeda dengan tampon atau pembalut yang menyerap, produk ini mengumpulkan darah menstruasi kalian.

Selain itu, menstrual cup bisa bertahan selama 6-10 tahun tergantung pemakaian dan jenisnya. Produk ini dianggap eco-friendly, mengingat jika kita menggunakan pembalut atau tampon akan menghasilkan sampah.

 shutterstock

Keunikan menstrual cup

Berbeda dengan tampon atau pembalut, menstrual cup dapat menampung darah hinggal 40ml. Makanya produk ini bisa bertahan selama 6-12 jam.

3 dari 3 halaman

Penting kamu lakukan

Saat haid datang, kalian pasti sering mencium bau amis keluar dari daerah kewanitaan. Hal ini disebabkan darah haid terpapar udara, sedangkan menstrual cup mencegah hal ini terjadi.

Kegunaan menstrual cup sangat cocok untuk kalian yang memiliki kegiatan padat, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan miss V, ya!

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo