Hindari 3 Hal Ini untuk Mencegah Keputihan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 17 November 2022 16:12
Hindari 3 Hal Ini untuk Mencegah Keputihan
Ubah kebiasaan buruk untuk menjaga kesehatan miss V.

Dream - Keputihan merupakan salah satu kondisi yang sangat mengganggu bagi para wanita. Biasanya, keputihan dialami menjelang haid. Pada kondisi normal, keputihan merupakan cairan warna putih yang agak kental, tidak berbau, dan berjumlah sedikit.

Namun pada kondisi tertentu, keputihan bisa bertekstur lebih kental atau lengket, berwarna, serta berbau. Kamu perlu berkonsultasi pada dokter jika mengalaminya. Apalagi, jika keputihan yang berwarna, berbau, atau lengket muncul untuk waktu cukup lama.

Terlepas dari kondisi tersebut, keputihan bisa mengurangi produktivitas akibat rasa tidak nyaman atau lebih lembap maupun gatal di area miss V. Jika ingin mencegah atau mengurangi intensitas munculnya keputihan, ketahui penyebabnya menurut Dokter Kevin Mak berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Stres Berkepanjangan

Stres© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Stres berkepanjangan sangat berpengaruh pada kondisi hormonal dan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk keputihan. Jadi, kontrol kadar stres dengan berolahraga teratur, menjaga pola tidur maupun makan, serta melakukan meditasi agar keputihan pun tidak sering terjadi.

2 dari 4 halaman

2. Memakai Sabun Mandi Pada Miss V

Jika ingin membersihkan miss V secara maksimal, gunakanlah sabun khusus area kewanitaan. Formulasi sabun mandi dan miss V tentu berbeda. Memakai sabun mandi bisa merusak flora normal miss V. Sehingga, hal tersebut bisa menyebabkan keputihan.

3 dari 4 halaman

3. Tidak Mengganti Pembalut Lebih dari 4 Jam

Pembalut© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Walau pembalutmu bisa menyerap cairan lebih banyak dan tetap nyaman digunakan seharian, tapi kamu harus menggantinya maksimal setiap 4 jam sekali. Hal ini dilakukan untuk mencegah miss V terasa lebih lembap, kulit di sekitarnya teriritasi, serta munculnya keputihan.

Jika keputihan sering muncul meski telah menjalani pola hidup sehat, mengontrol stres, memakai sabun khusus area kewanitaan, dan rutin mengganti pembalut 4 jam sekali, berkonsultasilah pada dokter untuk mengatasinya.

4 dari 4 halaman

@drkevinmak Yuk klik l1nk keranj4ng kun1ng utk dapatkan akses buku digital atasi keputihan + konsul gratis #viralditiktok #infokesehatan #keputihan #obatkeputihan #videoxfoto ♬ Fall In Love Alone - Sped Up Version - Stacey Ryan

 

Beri Komentar