Apakah Obat Kumur Ampuh Mengusir Bau Mulut?

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 1 Oktober 2018 18:44
Apakah Obat Kumur Ampuh Mengusir Bau Mulut?
Aroma tak sedap yang keluar dari mulut biasanya disebabkan kurangnya cairan.

Dream – Berbicara tatap muka bagi sebagian orang bisa sangat menakutkan. Bukan apa-apa, tapi karena takut lawan bicaranya terganggu dengan bau tak sedap yang keluar dari mulut saat bicara.

Ya, meski penampilan sudah maksimal, namun semua akan buyar saat tercium bau tak sedap dari mulut.  Bau mulut memang menjengkelkan.

Aroma tak sedap yang keluar dari mulut biasanya disebabkan kurangnya cairan. Rongga mulut yang kering dapat mempercepat perkembangbiakan bakteri. Ditambah lagi jika masih ada sisa makanan yang menempel di sela gigi.

Bakteri akan memakannya dan menghasilkan pembuangan berupa gas yang berbau.

 shutterstock

Banyak yang menyarankan untuk berkumur dengan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut secara cepat. Tapi benarkah obat kumur ampuh dalam mengusir bau mulut?

Cek komposisi

Sebelum Sahabat Dream menggunakan obat kumur, baca dulu komposisi bahan-bahannya. Pastikan obat kumur yang Sahabat Dream pilih tidak mengandung senyawa deterjen dan alkohol. Deterjen berfungsi untuk meluruhkan kotoran yang melekat di gigi, sedangkan alkohol biasanya menimbulkan sensasi bersih.

Namun sejatinya kedua bahan ini malah membuat mulut menjadi kering.

Kembali lagi, bukankah mulut yang kering akan mempercepat perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut?

Selain itu, obat kumur tetap berisiko tertelan setelah bercampur dengan air liur. Meskipun kandungan alkoholnya masih dalam batas aman (kurang dari sepersen), tetap saja lebih baik untuk menghindarinya sama sekali.

Cara alami

Sahabat Dream bisa melakukan cara lain yang lebih alami dan aman, seperti minum air putih, mengunyah buah yang crunchy, atau langsung menyikat gigi.

Nabi junjungan kita, Rasulullah SAW diketahui menyikat giginya dengan menggunakan siwak. Ada hadis yang berbunyi, " Siwak membersihkan gigi dan ini menyenangkan Allah. Setiap kali Jibril mengunjungiku, dia menyuruhku menggunakan siwak, hingga aku pun khawatir bahwa menggunakan siwak diwajibkan. Seandainya tidak khawatir akan membebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya." (HR Bukhari dan Muslim).

Selain sunah, siwak juga memiliki banyak manfaat. Menyikat gigi dengan siwak telah terbukti secara ilmiah mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi dan merangsang produksi air liur yang akan membilas bakteri penyebab bau mulut.

#WaktunyaHijrah

Enggan menggunakan siwak karena merasa tidak praktis? Sekarang tak perlu khawatir lagi. Sahabat Dream bisa memilih pasta gigi Sasha Halal Toothpaste. Pasta gigi dengan serpihan siwak asli yang telah memiliki sertifikat halal.

Sasha Halal Toothpaste mengandung flouride yang membantu mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatan kekuatan gigi. Tersedia dua pilihan pasta gigi.

 Sasha Indonesia

 

Sasha Herbal dengan kandungan esktrak sirih untuk menjaga kekuatan gigi, dan Sasha Whitening dengan kandungan lemon dan garam, yang akan membuat gigi lebih putih, sehat, kuat, serta nafas segar dan tahan lama.

Yuk, #HijrahBarengSasha. Selain mulut jadi lebih bersih, insya Allah hidup juga lebih berkah.  Saatnya tegakkan hijrah menjadi kebiasaan yang menghidupkan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Sasha Halal Toothpaste, Sahabat Dream bisa mengunjungi instagram Sasha (@SashaIndonesia) dan Facebook Sasha Pancaran Aura Islami. 

Beri Komentar
Gus Miftah Ungkap Perubahan Besar Deddy Corbuzier