ASI Keluar Saat Tidak Hamil, Kok Bisa?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 8 Juni 2021 11:13
ASI Keluar Saat Tidak Hamil, Kok Bisa?
Bisa terjadi pada wanita, pria dan bayi baru lahir.

Dream - Umumnya, ASI akan keluar ketika hamil. Namun, sebenarnya ASI bisa keluar meski tidak hamil. Kondisi yang disebut galactorrhea ini hanya dialami sekitar 20-25 persen wanita maupun pria. Bahkan, bayi yang baru lahir pun bisa mengalaminya.

Gejala atau ciri galactorrhea di antaranya adalah siklus haid kurang teratur, mual, wajah berjerawat, sakit kepala, gangguan penglihatan, menurun atau tidak memiliki gairah seksual serta jaringan payudara membesar.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan galactorrhea. Dilansir Sehatq.com, berikut beberapa penyebabnya.

1 dari 2 halaman

Ketidakseimbangan hormon

Galactorrhea bisa disebabkan oleh peningkatan hormon prolaktin. Hal ini bisa disebabkan oleh konsumsi obat atau kondisi fisik tertentu.

Efek samping konsumsi obat

Beberapa jenis obat seperti antipsikotik, antidepresan, pil KB, pereda nyeri, pengendali tekanan darah atau yang mengandung hormon memiliki efek samping galactorrhea. Sehingga, payudaramu bisa mengeluarkan ASI meski tidak hamil.

Kondisi fisik tertentu

Selain konsumsi obat, kondisi fisik juga memengaruhi dan bisa menjadi pemicu galactorrhea. Di antaranya adalah masalah kelenjar tiroid, penyakit liver atau ginjal, stres, tumor serta cedera pada payudara.

2 dari 2 halaman

Kadar estrogen tinggi

Ini merupakan penyebab galactorrhea yang terjadi pada bayi ketika baru lahir. Kondisi ini dipicu oleh paparan zat kimia atau hormon saat masih dalam kandungan.

Stimulasi payudara

Stimulasi payudara seperti melakukan rangsangan saat berhubungan seks atau sentuhan pakaian ke puting bisa memicu galactorrhea.

Beri Komentar