Bahaya Menyepelekan Tekanan Darah Tinggi

Reporter :
Jumat, 20 September 2019 08:12
Bahaya Menyepelekan Tekanan Darah Tinggi
Lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.

Dream - Salah satu penyakit yang menyumbang kematian terbesar di dunia adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Menurut riset kesehatan dasar yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI tahun 2018, prevalansi hipertensi sebesar 34,1% dari populasi usia dewasa.

Kebanyakan penderita hipertensi tidak menyadari kalau memiliki masalah pada tekanan darah. Sampai akhirnya diketahui ketika sudah muncul komplikasi yang cukup parah, seperti strok.

Banyak orang yang menganggap kalau salah satu gejala hipertensi adalah sakit kepala. Padahal tak demikian. Hipertensi hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan tekanan darah.

“ Hipertensi tidak memiliki gejala. Kalau memang merasakan pusing, itu mungkin dikarenakan hipertensi yang sudah ada sebelumnya,” kata Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S, pada acara Kampanye CERAMAH di Hotel Fairmont Senayan, Rabu 19 September 2019.

1 dari 5 halaman

Picu Strok hingga Gagal Ginjal

Hipertensi terjadi ketika tekanan terlalu besar. Hal ini membuat dinding pembuluh darah serta otot jantung bisa rusak dan menyebabkan serangan jantung. Komplikasi yang bisa muncul karena hipertensi yaitu gagal ginjal.

 Apa yang Terjadi Saat Kadar Gula Darah Tinggi?

“ Hipertensi dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh yang memiliki pembuluh darah seperti jantung, ginjal dan otak. Makanya hipertensi disebut ‘silent killer’,” ujar dr. Tunggul Situmorang SpPD-KGH.

2 dari 5 halaman

Periksa Tekanan Darah Secara Rutin

Didasari hal tersebut, PT OMRON Healthcare Indonesia menggandeng Indonesian Society of Hypertension (InaSH) untuk menggalakan kampanye CERAMAH (Cek Tekanan Darah di Rumah) sebagai upaya membangun kesadaran publik untuk memeriksakan tekanan darah secara rutin.

 Tekanan Darah Tinggi

" Seseorang terkena hipertensi apabila tekanan darahnya lebih dari 140 dan untuk anak-anak lebih dari 90,” kata dr. Tunggul.

 

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

3 dari 5 halaman

3 Pemicu Tekanan Darah Tinggi yang Sering Disepelekan

Dream - Pemeriksaan tekanan darah sangat penting dilakukan secara teratur. Tekanan darah yang levelnya terlalu tinggi diyakini bisa langsung menyebabkan stroke. Jika sudah terjadi, kondisinya tentu saja sangat fatal.

 Kenali 6 Penyebab Tekanan Darah Tinggi dan Cara Perawatannya

Selama ini banyak yang menganggap kalau tekanan darah tinggi hanya dipicu makanan yang tidak sehat seperti kaya garam dan minyak. Padahal ada penyebab lainnya yang sering kali tak disadari dan disepelekan.

Nah untuk itu Sahabat Dream, waspadalah terhadap tiga pemicu tekanan darah tinggi ini. Meski sering diabaikan, ternyata efeknya bisa meningkatkan tekanan darah secara signifikan.

4 dari 5 halaman

Gula Darah Berlebih

 Anak Juga Bisa Terkena Diabetes, Kenali Gejalanya

Bukan hanya garam, gula juga bisa meningkatkan tekanan darah kamu. Terutama gula yang berbentuk cairan dalam minuman kemasan. Orang-orang yang mengonsumsi banyak gula dalam makanan diketahui mengalami peningkatan yang signifikan dalam level tekanan darahnya. Jadi, batasi juga konsumsi gula harian.

 

5 dari 5 halaman

Kesepian

Tak hanya tentang jumlah teman yang kamu miliki tapi juga bagaimana hubungan yang terbentuk dengan pasangan, kerabat dan teman. Tekanan darah orang yang kesepian dalam sebuah penelitian naik lebih dari 14 poin. Untuk itu, pastikan kamu tak merasa kesepian. Cari aktivitas positif yang bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik.

Tidak Cukup Kalium

Ginjal membutuhkan keseimbangan natrium dan kalium untuk menjaga jumlah cairan yang tepat dalam darah. Jika kamu makan menu rendah garam, tapi tekanan darah masih tinggi mungkin harus memperbanyak makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu rendah lemak, atau ikan. Kalium bisa didapatkan dengan mengonsumsi pisang, brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

Sumber: WebMD

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri