Bahaya Pinjamkan Gunting Kuku ke Orang Lain

Reporter : Kusmiyati
Minggu, 22 November 2015 17:03
Bahaya Pinjamkan Gunting Kuku ke Orang Lain
Meminjamkan gunting kuku ke keluarga atau kuku sepertinya masih sering dilakukan tidak sedikit orang. Hal yang terdengar sepele ini ternyata berdampak buruk untuk kesehatan seperti jamur dan hepatitis

Dream - Meminjamkan gunting kuku ke keluarga atau kuku sepertinya masih sering dilakukan tidak sedikit orang. Hal yang terdengar sepele ini ternyata berdampak buruk untuk kesehatan.

Selain memicu infeksi, juga menularkan jamur kuku (Onikomikosis). Ada 3 tanda khusus jamur kuku, seperti perubahan warna kuku menjadi putih kekuningan, kuku menebal, dan kuku mudah patah, pecah, retak.

Direktur Klinik Medivit, dr Margareta Indah Maharani, SpKK mengatakan, sebaiknya gunting kuku hanya untuk pribadi bukan untuk berbagi.

" Meminjamkan gunting kuku ke orang lain salah satu cara menjaga kebersihan diri. Begitu juga saat berada di luar seperti di salon, sebaiknya bawa sendiri peralatannya. Karena kita tidak tahu kebersihan peralatan ini bagaimana," tuturnya. 

Menjaga kebersihan peralatan kuku diakui Margareta, sangatlah penting untuk menghindari penularan spora jamur yang mungkin saja menempel pada kikirnya.

" Walaupun sudah 100 persen dibersihkan, kita tidak tahu spora kuku itu masih menempel atau tidak kalau dilihat kasat mata. Kuku menjadi bagian estetika tubuh yang tidak terpisahkan dari keseluruhan penampilan jadi perlu dijaga," paparnya.

Selain jamur, bergantian menggunakan gunting kuku berisiko hepatitis C. Pakar penyakit hati FKUI/RSCM dr Rino A Gani, Sp PD-KGEH mengatakan semua alat yang sifatnya mampu melukai dapat menjadi sarana penularan bila dipakai bergantian. Alat-alat tersebut diantaranya gunting kuku, alat facial dan cukur.

" Sebaiknya tidak menggunakan alat-alat tersebut bergantian karena kita tidak pernah tahu bila orang yang memakai alat-alat itu menderita hepatitis C," ujar Rino. (Ism) 

 

Beri Komentar