Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah Saat Tidur pada Anak Secara Tradisional

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Kamis, 14 November 2019 16:22
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah Saat Tidur pada Anak Secara Tradisional
Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan anak dengan mudah

Dream - Hidung tersumbat menjadi masalah tersendiri, terutama pada musim dingin atau musim hujan. Selain rasa tidak nyaman yang timbul antara rongga hidung dan tenggorokan, hidung tersumbat juga menyebabkan suara menjadi bindeng dan pendengaran sedikit terganggu.

Pada orang dewasa, hidung tersumbat merupakan penyakit yang sering terjadi terutama saat badan kurang fit. Banyak pula obat untuk hidung tersumbat sudah dijual bebas di pasaran. Tapi, bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan anak? berikut caranya.

1 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

Bernafas akan sangat lega ketika kedua lubang hidung terasa plong. Bagi sebagian orang, terkadang hidung tersumbat hanya mengganggu pada bagian sebelah saja. Bagaimana cara mengatasinya?

Buang ingus

Pengendapan lendir hidung atau ingus yang lama dalam rongga hidung tentunya dapat menjadikan infeksi di dalam rongga hidung. Untuk itu buanglah ingus ketika hidung terasa mulai penuh dan mampet. Perlu diingat saat membuang ingus janganlah menekan terlalu keras.

Membilas hidung dengan air garam

Membilas hidung dengan air garam dipercaya mampu meredakan hidung tersumbat dan mencegah infeksi. Caranya cukup mudah, campurkan garam dengan air hangat. Kemudian masukkan air garam ke dalam suntikan, pastikan jarumnya sudah terlepas.

Miringkan badan ke wastafel, kemudian semprotkan air garam ke sisi hidung, biarkan keluar di sisi lain hidung. Ulangi cara ini selama beberapa kali sampai hidung terasa lega.

Selama cara ini berlangsung, kamu bisa bernafas menggunakan mulut.

Menghirup uap hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah bisa dengan menghirup uap hangat. Suhu hangat pada uap ini mampu mengencerkan ingus dalam hidung.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

Tidur haruslah dengan posisi yang nyaman. Jika hidung masih tersumbat saat mau tidur, tentunya tidur akan terganggu dan tidak berkualitas.

Minum air putih yang banyak

Air putih baik untuk pemulihan kondisi tubuh yang kurang stabil. Mengkonsumsi air putih yang banyak mampu mencairkan lendir yang mampet dihidung.

Tumpuk bantal untuk meninggikan posisi kepala

Kondisi kepala yang lebih tinggi dari badan saat tidur mampu membantu melegakan nafas. Menempatkan kepala lebih tinggi tentunya dapat memperlancar saluran pernafasan.

Minum obat anti histamin

Sebelum tidur usahakan meminum obat anti histamin. Obat ini mampu meredakan peradangan akibat flu dan membantu melegakan pernafasan saat tidur.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Hidung tersumbat pada bayi menjadi perhatian tersendiri bagi orangtua. Pasalnya bayi-bayi yang mengalami hidung tersumbat biasanya akan disertai demam dan penyakit lainnya.

Tepuk punggung dengan perlahan

Menepuk punggung bayi dapat dilakukan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Hal ini dapat membantu lendir-lendir yang tersumbat pada hidung untuk keluar.

Gunakan mesin pelembab udara

Humidifier atau mesin pelembab udara mampu mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Mesin pelembab udara ini dapat mengatur hangatnya udara pada kamar sehingga mampu melegakan pernafasan pada bayi.

Berikan Nasal Spray pada hidung

Nasal spray meurpakan obat yang ampuh digunakan nutk melegakan pernafasan saat hidung tersumbat. Penggunaan nasal spray dapat digunakan oleh orang dewasa, anak-anak, maupun bayi sesuai dengan aturan pemakaian.

Bulb syringe, sebagai penyedot ingus bayi

Jika cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi diatas belum bisa mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Kamu bisa gunakan bulb syringe untuk menyedot ingus bayi. Benda ini aman digukanan pada bayi usia dibawah 6 bulan.

4 dari 5 halaman

Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Selain cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi secara mainstream, kamu juga bisa mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan menggonakan cara tradisional.

Berjemur dipagi hari

Berjemur dipagi hari selain bermanfaat untuk tulang ternyata juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat. Tentunya dengan menghadapkan bagian dada dan wajah bayi ke sinar matahari. Jangan lupa menggunakan penutup mata bayi ya!

Pijat badan bayi menggunakan bawang merah

Alisinin dan Sulfur pada bawang merah memiliki kemampuan unutk menghangatkan tubuh. Caranya yaitu, haluskan bawang merah kemudian balurkan ke badan bayi dan pijat secara perlahan.

Kompres dada dengan daun salam

Daun salam tentunya memiliki khasiat untuk membantu melegakan pernafasan pada bayi. Cukup rebus beberapa lembar daun salam kemudian celupkan kehanduk kecil. Lalu peras dan kompreskan pada dada dan juga jidat bayi. Lakukan beberapa kali hingga ingus keluar pada hidung.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Hidung tersumbat pada anak tentunya menggangu aktifitas bermain dan belajarnya. Mendiamkan hidung yang tersumbat tanpa mengobati dapat menimbulkan infeksi baru pada hidung anak.

Kompres hidung dengan air hangat

Suhu pada air hangat mampu mencairkan endapan ingus yang tersumbat pada rongga hidung. Kompres beberapa kali hingga ingus perlahan keluar dari hidung

Gunakan minyak kayu putih atau minyak telon

Usapkan minyak kayu putih dan minyak telon pada dada anak. Bisa juga menghirup minyak tersebut agar membantu mencairkan ingus yang mengendap. Cara ini dipercaya ampuh karena minyak kayu putih dan minyak teloh memberikan efek hangat pada hidung.

Zat aromatik

Alat steam vaporizer dapat digunakan untuk mengeluarkan zat aromatik. Pilih essential oli yang disukai anak kemudain pasangkat pada steam vaporizer tersebut.

Hidung tersumbat bukanlah penyakit sepele walaupun dialami oleh orang dewasa. Ketepatan dan kecepatan dalam penangannya tentu mampu mempengaruhi imunitas tubuh. Untuk itu, jangan berpikir dua kali untuk melakukan cara diatas sebagai cara mengatasi hidung tersumbat.

Beberapa cara diatas dapat membantu untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, anak, maupun orang dewasa. Untuk yang belum pernah mencoba, silahkan dicoba!

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara