6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah dan Cepat!

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Kamis, 20 Juni 2019 13:12
6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah dan Cepat!
6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah dan Cepat!

Dream – Hidung terseumbat sangat meresahkan setiap orang. Tidak bisa menghirup udara secara normal, serta terkadang muncul rasa pusing di sebagian kepala, membuat seseorang tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.

Terdapat berbagai faktor pencetus hidung terseumbat. Polusi udara, baik dari asap kendaraan hingga asap rokok, bisa menyebabkan iritasi di hidung. Selain itu, bisa karena seseorang sendang terkena alergi, sinusitis, bahkan infeksi, seperti influenza dan ISPA.

Ketika selaput yang terdapat di saluran hidung meradang, pada saat itulah hidung akan memproduksi lendir yang berlebih. Lendir tersebut bertujuan untuk mengusir segala sesuatu yang tidak baik dan mengganggu. Karena lendir ini pula dapat membuat hidung menjadi tersumbat.

Hidung tersumbat bisa dialami semua orang. Mulai bayi hingga orang yang sudah tua bisa merasakan hidung terseumbat. Tetapi bagaimana cara mengatasinya? Dream akan memberikan informasi mengenai cara mengatasi hidung tersumbat.

1 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat : Secara Alami

1. Menghirup uap hangat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat© shutterstock

Cara mengatasi hidung tersumbat secara alami yang pertama adalah dengan menghirup uap hangat. Caranya cukup mudah untuk dilakukan di rumah yaitu masak air hingga mendidih kemudian hirup uap nya secara perlahan.

Tetapi, tetap harus hati-hati ya Sahabat Dream, jangan terlalu dekat dengan air panas tersebut sebab uap air bisa membuat hidung melepuh.

Selain dengan cara tersebut, kalian bisa mencoba dengan cara mandi dengan air hangat. Dengan mandi air hangat, kalian dapat menghirup uap yang ada di dalam kamar mandi. Uap hangat tidak hanya mampu mengatasi hidung tersumbat, mandi air hangat juga mampu membantu merilekskan badan.

2. Perbanyak minum

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat© shutterstock

Cairan yang masuk ke tubuh ternyata bisa membantu mengencerkan lendir loh Sahabat Dream. Selain itu, dengan memperbanyak minum bisa membuat tenggorokan menjadi tidak kering.

Alangkah baiknya apabila kalian juga memperbanyak konsumsi minuman hangat atau panas. Minuman hangat mampu membantu meredakan hidung tersumbat dan menenangkan peradangan pada selaput hidung.

Sahabat Dream bisa mencoba membuat secangkir the herbal dengan pemanis madu untuk meredakan hidung tersumbat ketika akan tidur.

2 dari 5 halaman

Cara Tidur

3. Keluarkan lendir sesering mungkin

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat© shutterstock

Mengeluarkan lendir secara berkala merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi penderita hidung tersumbat. Akan tetapi, harus dilakukan dengan cara yang tepat ya Sahabat Dream.

Keluarkan lendir dengan menutup aliran udara dengan jadi pada lubang yang satunya. Hindari mengeluarkan lendir dengan tekanan yang keras sebab dengan tekanan tersebut mampu mentranfer kuman ke telinga kalian.

4. Tidur dengan bantal tinggi

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat© shutterstock

Bagi seseorang yang menderita hidung tersumbat, permasalahan yang cukup menganggunya adalah kesulitan dalam menemukan posisi tidur. Seringkali ketika sedang tidur kalian tidak bisa bernafas sebab hidung tersumbat.

Maka dari itu, tidur dengan bantal yang tinggi merupakan salah satu solusi yang tepat agar tidur lebih lelap. Buatlah posisi kepala lebih tinggi daripada badan kalian dengan menggunakan media bantal. Sebaiknya gunakan dua bantal untuk lebih efektif melegakan hidung tersumbat pada saat tidur.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat: Secara Medis

1. Nasal dekongestan: Oxymetazoline

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat© shutterstock

Salah satu kandungan obat tersebut bermanfaat untuk mengurangi pelebaran pembuluh darah yang ada di hidung. Dengan manfaat tersebutlah yang mampu mengurangi penyumbatan pada hidung.

Obat ini bisa digunakan pada hidung tersumbat yang disebabkan oleh sinusitis, flu, alergi dan batuk pilek. Efek yang ditimbulkan oleh obat ini ternyata lebih cepat bekerja daripada dengan minum obat.

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan nasal dekongestan yang mengandung Oxymetazoline sangat mudah untuk dilakukan. Sahabat Dream hanya perlu menyemprotkan obat ini ke salah satu lubang hidung yang dimana lubang hidung satunya ditutup dengan jari.

Semprotkan obat ini pada saat kalian sedang menarik napas dan jangan sampai mengenai mata. Pastikan pada saat menyemprotkan obat ini, posisi kepala tetap tegak.

Penggunaan obat ini tidak diperbolehkan terlalu sering, sebaiknya gunakanlah dua kali sehari setiap 10-12 jam sekali. Setelah selesai menyemprotkan pada kedua lubang hidung, jangan lupa untuk tetap merawat obat tersebut.

Bersihkan ujung botol semprotan dengan air hangat hingga bersih. Simpanlah botol obat tersebut di tempat yang jering dan hindari terkena paparan sinar matahari langsung. Obat ini tidak boleh digunakan lebih dari tiga hari secara terus menerus.

4 dari 5 halaman

Nasal Spray

2. Nasal spray atau obat semprot hidung

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat© shutterstock

Obat ini hampir sama dengan nasal dekongestan, yang menjadi perbedaannya adalah kandungan di dalamnya. Nasal spray menggunakan larutan garam untuk menjadi bahan dasar cairannya. Obat ini bertujuan untuk melembapkan hidung agar lendih bisa menjadi lebih encer.

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara ini hampir sama dengan cara penggunaan pada nasal dekongestan. Untuk menggunakan obat ini sebaiknya atas saran dari dokter ya Sahabat Dream. Hal ini dikarenakan terdapat takaran yang harus ditaati bagi penderita hidung tersumbat. Sebaiknya gunakan takaran yang diberikan oleh dokter agar lebih aman dan tepat.

5 dari 5 halaman

Penyebab Hidung Tersumbat

1. Sinusitis

Sinusitis biasanya terjadi karena batuk pilek yang tengah dialami oleh seseorang. Pada saat sinusitis ini terjadi, selaput yang ada di hidung menjadi meradang, membengkak, serta meningkatkan produksi lendir. Karena hal itulah hidung menjadi tersumbat.

2. Flu

Flu atau influenza terjadi karena adanya virus yang menyerang sisitem pernafasan. Kondisi inilah yang memungkinkan timbulnya hidung tersumbat.

3. Alergi

Pada rhinitis alergi yang diserang adalah sistem pernafasan kalian. Pada kondisi ini, produksi lendir menjadi meningkat dan dapat menimbulkan bersin-bersin. Untuk itulah, alergi bisa menyebabkan munculnya hidung terseumbat pada seseorang.

4. Batuk Pilek

Kondisi ini kerap terjadi pada masyarakat baik itu pada bayi hingga orang dewasa sekalipun. Adanya benda asing, infeksi, ataupun peradangan pada saluran nafas yang mampu membuat hidung kalian tersumbat.

(Sumber: Alodokter.com)

 

Beri Komentar