Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 12 Maret 2020 08:36
Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat
Kamu harus perhatikan baik-baik langkahnya.

Dream - Mulai banyak oramg yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Dimulai dari mengubah pola hidup menjadi lebih sehat serta melakukan medical check up secara rutin.

Kedua hal tersebut sangat penting dilakukan untuk mencegah berbagai jenis penyakit, salah satunya ginjal. Cara menjaga ginjal pun terbagi menjadi delapan.

Meskipun banyak, tetapi kedelapan hal tersebut tidak sesulit yang dipikirkan. Apalagi, jika memulainya dengan perlahan.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengontrol tekanan darah.

" Lakukan kontrol darah secara rutin dan terus dimonitor," ujar Aida Lydia, Ketua Umum Perkumpulan Nefrologi Indonesa (Pernefri) di Manhattan Hotel, Jakarta Selatan, Rabu 11 Maret 2020.

 Peringatan Hari Ginjal Sedunia© dream.co.id/Cynthia Amanda Male

1 dari 4 halaman

Perhatikan kadar gula

Seperti yang diketahui, tekanan darah normal berada pada ukuran sistol dan diastol 120/80.

Sedangkan menurut Aida, seseorang harus berhati-hati terhadap kesehatan ginjal jika mengalami hipertensi atau memiliki tekanan darah 140/90.

Setelahnya, selalu kontrol kadar gula darah. Sama seperti mengukur tekanan darah, pengukurannya bisa dilakukan di rumah menggunakan alat yang dijual di pasaran. Tapi, lebih disarankan diukur pada petugas kesehatan.

 ilustrasi dokter dan pasien© shutterstock.com

Ambang kadar gula darah saat puasa berada pada angka lebih dari 126 mg/dL.

Sedangkan gula darah setelah dua jam makan lebih dari 200 mg/dL, jika sudah mencapai angka ini, kamu perlu mengontrol konsumsi gula.

Per hari, kamu hanya bisa mengonsumsi sekitar 50 gram gula. Tidak terkecuali karbohidrat serta makanan atau minuman yang mengandung gula.

 

2 dari 4 halaman

Batasi konsumsi mi instan

Selain itu pantau konsumsi garam, jangan lebih dari 2000 mg per hari.

" Kadang mi instan saja sebungkus sudah 2500 mg, sudah melebihi batas konsumsi harian. Jadi perhatikan label kemasan supaya masyarakat bisa memantau konsumsi gula, garam dan lemak," kata Cut Putri Arianie, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes.

Agar lebih mudah menjaga konsumsi gula, garam dan lemak, makan makanan sehat serta jagalah berat badan sehingga terhindar dari obesitas.

 

3 dari 4 halaman

Olahraga

Hitung BMI (body mass index) agar selalu berada di rentang 18,5 hingga kurang dari 25 supaya berat badanmu tetap ideal.

Jangan lupa rutin olahraga untuk menjaga imunitas serta berat badan.

 ilustrasi olahraga© shutterstock.com

Tidak hanya makanan, kamu juga perlu minum air yang cukup untuk menghidrasi tubuh.

" Minum air yang cukup, rata-rata 30ml per kilogram berat badan. Kalau beratnya 50 kilogram, berarti minum air sekitar 1-2 liter. Kalau cukup aktif, minumnya lebih banyak," tutur Aida.

 

4 dari 4 halaman

Ini penting

Selanjutnya, hindari asap rokok yang dapat merusak ginjal dan jangan mengonsumsi obat sembarangan. Selalu gunakan obat dengan resep dokter dan lakukan pengecekan fungsi ginjal.

Terutama, jika kamu memiliki keluarga yang pernah mengidap penyajit hipertensi, diabetes atau ginjal. Pengecekan ini bisa dilakukan di puskesmas terdekat atau di rumah dengan alat bantu.

 ilustrasi asap rokok© shutterstock.com

Beri Komentar
Wajib Tahu! Ini Kiat Merawat Kulit Anak Agar Sehat dan Halus