Dehidrasi Bisa Sebababkan Kematian

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 6 Juli 2017 10:47
Dehidrasi Bisa Sebababkan Kematian
Dehidrasi tak hanya berkaitan dengan pengeluaran air yang lebih banyak daripada pemasukan yang diminum.

Dream - Aktivitas padat seringkali membuat kita lupa makan dan minum. Hanya meneguk segelas air saat kehausan bukan kebiasaan yang baik. Tahukah Sahabat Dream, jika dehidrasi ternyata bisa menyebabkan kematian.

Dehidrasi tak hanya berkaitan dengan pengeluaran air yang lebih banyak daripada pemasukan yang diminum. Gangguan kehilangan cairan tubuh ini akan menyebabkan keseimbangan elektrolit tubuh terganggu karena kekurangan natrium dalam air.

Kurangnya air dalam tubuh akan menyebabkan rusaknya fungsi organ tubuh. Darah terlalu kental sehingga asupan nutrisi ke seluruh tubuh akan terhambat, termasuk yang bertugas pada jantung dan otak.

Penurunan cairan sebesar lima persen dari berat tubuh akan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Gejalanya seperti lelah, susah konsentrasi, dan peningkatan suhu tubuh.

Sedangkan penurunan cairan tubuh lebih dari 10 persen berat badan akan menyebabkan penurunan kesadaran. Akibat fatalnya bisa menyebabkan koma, bahkan meninggal.

Dehidrasi bisa dihindari dengan mengonsumsi air minum yang cukup. Mengutip salah satu pernyataan pada buku The Cheater's Diet, konsumsi air yang cukup akan membantu proses pencernaan, mengatasi rasa lapar, dan membuat kulit terlihat lebih segar.

Minum air putih juga mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput.

Shutterstock

Dari buku yang sama, tiap orang dianjurkan mengonsumsi 1,5-3 liter air per hari tergantung tingkat aktivitasnya. Agar mendapatkan manfaat lebih, air tersebut dapat ditambahi dengan perasan lemon atau mentimun.

Sahabat Dream juga bisa mengonsumsi Larutan Penyegar Cap Badak untuk mencegah dehidrasi. Minuman ini mempunyai kandungan mineral alami dari Gypsum Fibrosum dan Galcareus Spar yang cepat mengembalikan elektrolit dalam tubuh.

Tak hanya itu, Larutan Penyegar Cap Badak efektif mencegah dan mengobati panas dalam secara cepat. Formula herbal alaminya diolah dengan menggunakan teknologi Jerman jadi tidak berwarna ataupun terasa pahit.

LPCB

Beri Komentar