Hindari Kosmetik dengan Vitamin A Saat Hamil, Ini Alasannya

Reporter :
Selasa, 29 November 2016 19:43
Hindari Kosmetik dengan Vitamin A Saat Hamil, Ini Alasannya
Biasanya tertulis kandungan retinol, retinal, dan retinoic acid dalam produk kecantikan.

Dream - Ada banyak produk perawatan kulit yang mengandung vitamin A. Kandungan vitamin A memang disebut bisa mencegah penuaan, membuat kulit lebih kenyal, lembap dan mencegahnya terlihat kusam.

Tapi tunggu dulu, tak semua orang bisa sembarangan memakai produk kecantikan ini.  Ibu hamil biasanya disarankan untuk menghindari penggunaan skin care dengan kandungan vitamin A. Apa alasannya?

Ian Musgrave, dosen farmakologi, University of Adelaide, Australia, angkat bicara mengenai imbauan ini. Ia menjelaskan vitamin A merupakan sekelompok senyawa lemak tak jenuh yang meliputi retinol, retinal, dan retinoic acid.

" Meskipun vitamin A penting untuk menutrisi kulit, dan dalam dunia kecantikan sering digunakan sebagai antiaging, penggunaan perawatan kulit yang banyak mengandung vitamin A tidak disarankan bagi ibu hamil karena dapat mengganggu perkembangan janin dan menyebabkan cacat," kata Musgrave.

Kosmetik banyak mengandung vitamin A dalam bentuk tretinoin atau isotretinoin karena dapat membantu mengobati jerawat. Tidak hanya itu, tretinoin dalam kosmetik juga dapat membantu mengurangi kerutan dan menghindari kulit rusak akibat paparan sinar matahari.

Namun, memakai kosmetik yang mengandung vitamin A dalam bentuk tretinoin bagi ibu hamil, dapat menyebabkan ruam, kulit kering, iritasi, dan terbakar. Hingga yang paling parah dapat membahayakan janin.

Ada empat penelitian yang mengungkap bahwa wanita hamil yang tidak terkena tretinoin dapat terhindar dari risiko melahirkan bayi cacat.

Jika Anda telah menggunakan kosmetik yang mengandung vitamin A selama kehamilan, tidak perlu panik. Sebaiknya, segera berhenti dan konsultasikan kepada dokter jika telah merasakan efek sampingnya. Sedangkan jika Anda baru ingin berencana untuk hamil, periksa terlebih dahulu kosmetik yang akan ada gunakan, terutama jika mengandung antiaging.

Perlu diingat, kosmetik atau produk perawatan kulit yang Anda pakai saat hamil dan tidak, tentu berbeda. Untuk itu, Anda harus ekstra hati-hati agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

(Sumber: Daily Mail)

(Sah/Laporan: Nanda Febriani)

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis