Kenali, Ini Penyebab Varises

Reporter : Ratih Wulan
Rabu, 23 November 2016 12:42
Kenali, Ini Penyebab Varises
Varises memang merusak penampilan, dan ternyata penyebabnya tanpa sadar sering kita abaikan.

Dream - Pernah mendengar, atau bahkan, mengalami varises? Garis-garis halus biru, ungu, dan merah, yang menonjol keluar memang mengganggu penampilan.

Gejala ini dikenal pula dengan istilah spider veins. Biasanya terjadi karena adanya tekanan berlebih di vena, sehingga membuatnya rusak. Spider veins muncul seperti jaring laba-laba atau cabang pohon.

Tak hanya menyerang bagian kaki saja, namun dapat muncul di bagian wajah loh. Serta tidak menutup kemungkinan akan muncul di bagian tubuh lainnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan varises, seperti misalnya kehamilan. Pada saat hamil, kulit akan meregang sehingga menekan pembuluh darah.

Berdiri dan duduk dalam jangka waktu yang lama juga dapat memicu kemunculan varises. Bila pekerjaan mengharuskan kamu duduk seharian, jangan lupa untuk merenggangkan diri. Hal itu dapat membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Faktor terakhir adalah faktor genetik. Perempuan yang menderita varises biasanya karena Ibu atau saudara perempuan mereka juga pernah menderitanya.

Jika berlangsung parah, spider veins dapat menyebabkan gejala pembengkakan, nyeri, rasa berdenyut-denyut, serta kaki gelisah.

Dilansir dari Boldsky, untuk meminimalisir munculnya spider veins, sebaiknya rajin konsumsi makanan yang kaya serat. Saat tubuh kehilangan serat, usus akan menjadi berat sehingga menekan pembuluh darah pada tubuh.

Perlu diketahui, spider veins tidak hanya menghantui perempuan, tapi juga laki-laki.

(Laporan: Nanda Febriani)

Beri Komentar