Hobi Nonton Drakor Sampai Pagi Buta, Dokter Beri Peringatan

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 26 Oktober 2021 17:48
Hobi Nonton Drakor Sampai Pagi Buta, Dokter Beri Peringatan
Segera hentikan kebiasaan ini ya, Sahabat Dream.

Dream – Menonton drama Korea (drakor) bagi mereka yang menyukai jalan ceritanya, memang membuat candu. Buru-buru ingin menyelesaikannya dan terkadang tak sadar menontonnya hingga pagi buta.

Bila Sahabat Dream termasuk yang suka menonton drakor hingga pagi buta, segera hentikan kebiasaan ini. Dokter Decsa Medika Hertanto yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam di RSUD Soetomo, founder @jagaigd dan @gagsdoc, lewat akun Instagram @dokterdecsa menjelaskan efek kebiasaan menonton drakor hingga larut malam atau pagi buta.

“ Bahas gak ya efek marathon drakor? Gimana bahas gak? Yakin nih ya! Mantep sih semangat banget!,” tulis dirinya dalam gambar yang diunggah.

Polling menunjukkan 75 persen responden menjawab ‘WAJIB DOK’ dan sisanya sebanyak 25 persen memilih ‘JGN CAMPURI HDPKU’.

Menurut dokter lulusan Universitas Airlangga ini, menatap layar untuk waktu yang lama dan tidak melakukan aktivitas lain tentunya membuat tubuh tidak aktid dan mengeluarkan sedikit energi, yang berakibat pada penimbunan lemak. Terlebih, ketika dibarengi dengan konsumsi camilan.

 

1 dari 5 halaman

Dokter Decsa memberikan contoh menonton drakor berjudul Hometown Cha Cha Cha yang sedang trending di platform streaming online Netflix. Durasi setiap episodenya sekitar 60-75 menit, kalau ditonton secara marathon akan menghabiskan waktu 17-18 jam.

Nonton drama Korea© Shutterstock

Duduk lebih dari 10 jam sehari, dapat meningkatkan risiko segala macam penyakit. Tidak hanya serangan jantung, tetapi juga meningkatkan risiko obesitas, stroke, diabetes melitus, stress, demensia, cemas, varises, sakit punggung, dan penyakit lainnya.

“ Huhu padahal aktivitas ini paling enak ya kan, saya juga seneng kok, tapi harus tau cara menyeimbangkannya,” ungkap dr. Decsa.

Ia menambahkan kalau nonton drakor sampai begadang dan kurang tidur, dapat meningkatkan risiko penyakit komorbid. Seseorang akan semakin loyo dan menderita banyak keluhan, seperti pusing, nyeri leher, dan sakit punggung.

“ Jika ini dilakukan terus risiko diabetes, hipertensi dan stroke mungkin bisa dianggap lebih cepat,” ungkapnya.

Laporan Angela Irena Mihardja

2 dari 5 halaman

Mata Kering Sangat Menyiksa, Jangan Disepelekan

Dream - Kualitas udara yang semakin buruk memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Bukan hanya menyebabkan masalah pernapasan, tapi juga memicu mata kering (dry eyes). Terutama jika Sahabat Dream sering menggunakan gadget.

Mata kering sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, gangguan tersebut bisa memicu kerusakan permanen pada mata.

" Kalau nggak segera ditangani, bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup karena mata jadi cepat capek dan ketergantungan obat tetes. Mata kering juga menyebabkan kerusakan permukaan mata dan menyebabkan peradangan atau infeksi permanen kalau dibiarkan," kata Nina Asrini Noor, seorang dokter mata, di acara Kenali Gejala dan Atasi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu 11 September 2019.

3 dari 5 halaman

Gatal, mengganjal dan kemerahan

Mata kering merupakan salah satu masalah mata yang sangat umum. Terjadi ketika lapisan air mata mengalami ketidakstabilan. Kualitas atau kuantitasnya mengalami gangguan yang bersifat multifaktor.

Mata Kering Saat Pakai Makeup? Ini Sebabnya© MEN

Gejala mata kering ditandai oleh mata yang mengganjal, sering merah, mata panas, berair, terasa kering, dan sensasi berpasir. Termasuk sering timbul kotoran mata, terasa lengket dan sering mengucek mata.

" Biasanya mata kering juga ditandai dengan mata yang mudah lelah dan sensitif sama cahaya, jadi gampang silau. Dan mata kering juga membuat fokus mata lama-lama menurun," ujar dr. Nina

4 dari 5 halaman

Penyebab mata kering

Semua gejala tersebut bisa disebabkan oleh paparan AC yang terlalu lama atau bekerja di hadapan monitor. Bisa juga penggunaan lensa kontak dan kedipan mata kurang maksimal.

Mata Gatal Sebaiknya Jangan Dikucek© MEN

" Salah satu faktornya memang karena aktivitas visual di mana sangat high attention dengan gadget atau menyetir lama. Faktor berkedip sangat penting untuk menjaga air dan permukaan mata. Karena pasti kita lupa berkedip dan kedipannya nggak complete," kata Nina.

5 dari 5 halaman

Cara mengatasi mata kering

Oleh karena itu, Nina menyarankan untuk memaksimalkan kedipan mata di mana kelopak atas dan bawah bertemu. Gerakan ini bisa mengurangi gejala mata kering. Solusi lainnya adalah mengompres mata dengan air hangat.

Insto© Dream

" Bisa juga memakai obat tetes mata atau berkonsultasi ke dokter supaya mata tetap steril, ternutrisi dan permukaannya tetap rata serta penglihatannya tetap baik," tutupnya.

Beri Komentar