CONNECT WITH US!

Ingin Ciptakan Keluarga Bahagia, Ikuti 10 Kebiasaan Ini

Reporter : Ramdania | Minggu, 30 Agustus 2015 12:31
Keluarga yang bahagia tidak tercipta secara tiba-tiba, tetapi ada proses. Beberapa hal yang perlu dijadikan kebiasaan agar keluarga yang dibangun bisa menjadi harmonis.

Dream - Keluarga bahagia adalah idaman semua orang. Namun di era sekarang membangun keluarga yang bahagia dan harmonis merupakan hal yang tidak mudah.

Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki pasangan yang juga bekerja di luar rumah. Hal itu tentu sulit untuk meluangkan waktu bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Namun membentuk keluarga yang bahagia dan harmonis bisa Anda wujudkan dengan melakukan 10 kebiasaan sederhana berikut ini. Seperti dikutip dari Lifehack, Minggu, 30 Agustus 2015, berikut 10 kebiasaan yang bisa mewujudkan keluarga bahagia.

1. Belajar hal baru secara bersama-sama

Belajar hal-hal baru secara bersama-sama dengan anggota keluarga lain adalah hal yang menyenangkan. Cara ini akan mendekatkan sesama anggota keluarga.

Selain itu akan memberi Anda kesempatan untuk menghabiskan waktu secara berkualitas dan produktif bersama-sama. Ada begitu banyak hal yang dapat dipelajari bersama-sama sambil bersenang-senang dengan orang yang Anda cintai.

2. Tertawa dan bergembira bersama-sama

Bersenang-senang dengan keluarga sungguh sesuatu yang tak ternilai harganya. Ada begitu banyak hal yang dapat Anda lakukan bersama untuk bersenang-senang.

Bermain catur atau monopoli sesekali, bernyanyi karaoke, menonton film lucu, saling berbagi cerita lucu, bermain basket, atau menikmati kegiatan menyenangkan secara kelompok, tak terhitung nilainya.

3. Saling membuat kejutan

Menyiapkan sebuah kejutan kecil adalah kebiasaan bagus dari sebuah keluarga bahagia. Anak-anak dapat membuatkan ibu mereka secangkir kopi. Orang tua memberikan kejutan kepada anak-anak dengan rencana wisata yang tak terduga.

Pasangan suami istri dapat melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan satu sama lain, seperti menyiapkan makan malam romantis, menulis surat cinta, atau membawa pulang pasangan mereka makanan penutup favorit.

4. Makan malam bersama

Meski tidak selalu dibuat terlalu sering, namun makan malam bersama dengan anggota keluarga akan membuat kehidupan berumah tangga menjadi menyenangkan. Saat makan malam tersebut, Anda bisa meminta masing-masing anggota keluarga untuk menceritakan hal-hal lucu yang dialami hari ini atau masalah yang sedang dihadapi.

5. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Menghabiskan waktu dengan keluarga memang dibutuhkan, tetapi ada kalanya penting punya waktu untuk diri sendiri. Suami Anda mungkin bersama anak-anak menonton acara favorit mereka, sementara Anda duduk manis dan tenang sambil membaca buku kesukaan Anda atau sebaliknya.

Menikmati waktu sendirian bukan berarti membuat Anda menjadi orangtua atau pasangan yang buruk. Setiap orang membutuhkan itu. Menyadari dan menghormati privasi orang lain merupakan kunci untuk keluarga bahagia.

6. Mendiskusikan segala sesuatu bersama-sama

Membahas sebuah masalah, prestasi, keprihatinan, kekhawatiran, dan harapan secara bersama-sama sangat penting dalam sebuah keluarga. Buatlah berdiskusi dengan pasangan dan anak-anak tentang segala sesuatu sebagai sebuah aturan dalam keluarga. Hal ini akan membuat Anda lebih dekat dan lebih bahagia dengan mereka.

7. Menciptakan tradisi positif

Menciptakan tradisi positif untuk keluarga Anda sendiri adalah hal yang menakjubkan. Mungkin tradisi makan pancake setiap Minggu pagi, merayakan ulang tahun di beberapa tempat khusus, atau membawa souvenir dari setiap perjalanan wisata. Salah satu tradisi keluarga terbesar adalah merayakan liburan bersama-sama dengan mengumpulkan semua kerabat.

8. Saling menghargai antar anggota keluarga

Dorong anak-anak dan pasangan Anda untuk saling memuji dan mengucapkan terima kasih saat mereka melakukan sesuatu yang baik. Juga biasakan untuk menghargai satu sama lain. Kata-kata pujian, ucapan terima kasih, dan saling menghargai akan mempererat ikatan tali kekeluargaan. Pelukan dan ciuman juga mampu membuat perbedaan dalam keluarga.

9. Bepergian secara bersama-sama

Bepergian dengan keluarga adalah kebiasaan bagus untuk diterapkan. Mendapatkan pengalaman luar biasa bersama keluarga di tempat wisata adalah mendekatkan sesama anggota keluarga. Cobalah untuk merencanakan perjalanan wisata besar-besaran sekali dalam setahun. Mengunjungi kerabat di kota lainnya juga merupakan cara untuk menjaga keharmonisan dalam keluarga.

10. Menyayangi satu sama lain

Meski ini adalah sesuatu yang jelas namun kasih sayang harus dikembangkan dan dilatih untuk menumbuhkannya. Pelajari cara untuk bersabar ketika anak Anda merusakkan sesuatu, suami Anda tidak memperhatikan potongan rambut baru Anda, istri Anda tidak ingin menonton film laga dengan Anda, atau orang tua Anda melarang untuk pergi keluar.

Selalu mengingat tentang kebaikan mereka, berbicaralah kepada mereka dengan penuh perhatian, dan bersyukurlah Anda memiliki mereka.

Afif Kalla Menikah - Raditya Dika Lamaran