Kamar Gelap Atasi Kesulitan Tidur

Reporter : Kusmiyati
Senin, 31 Agustus 2015 08:00
Kamar Gelap Atasi Kesulitan Tidur
Mengalami kesulitan tidur? Masalah itu bisa diatasi dengan istirahat dalam kondisi kamar gelap.

Dream - Mengalami kesulitan tidur? Jika Anda menghadapi masalah itu, bisa mencoba mengatasinya dengan menggelaplan kamar saat Anda beristirahat tidur.

Peneliti di Ohio State University Wexner Medical Center mengukap hasil kerja mereka, seperti dikutip Newsmaxhealth, Sabtu 29 Agustus 2015. Menurut mereka tidur bahkan dengan sedikit cahaya dapat menyebabkan sleep apnea, risiko penyakit jantung, depresi, dan kecemasan.

" Meskipun belum jelas sleep apnea menyebabkan depresi, kedua kondisi sering terlihat bersama-sama pada pasien. Penelitian kami menunjukkan bahwa tidur bahkan dengan jumlah minimum cahaya dapat meningkatkan gejala depresi pada orang-orang dengan sleep apnea," kata Director of the Sleep Disorders Center di OSU, Ulysses Magalan, MD.

Penelitian ini melibatkan tikus dengan sleep apnea menimbulkan efek dramatis yang meningkatkan depresi dan kecemasan pada tikus daat tidur dengan paparan cahaya, kemungkinan ini berlaku juga untuk manusia.

" Kita bicara jumlah minimal, lampu malam dengan watt rendah atau bahkan lampu jam alarm dapat memiliki dampak untuk sleep apnea," kata Dr Magalang.

Apnea adalah masalah umum, terutama di kalangan perokok dan orang-orang kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke dan gagal jantung.

Tanda-tanda yang paling umum yaitu mendengkur keras, mengantuk di siang hari, mudah marah, dan masalah memori.

Tips berikut dapat meningkatkan tidur dan mengurangi paparan cahaya di kamar, yaitu:

1. Gunakan Tirai kamar tebal untuk memblokir cahaya dari luar agar tidak masuk ke kamar.
2. Matikan televisi, komputer, atau perangkat elektronik lainnya sebelum tidur.
3. Pilih jam atau lampu malam hari dengan pencahayaan merah, bukan biru atau hijau.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie