Penelitian: Air Keran Langsingkan Badan

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 28 Agustus 2015 07:45
Penelitian: Air Keran Langsingkan Badan
Kunci untuk menurunkan berat badan ternyata sangat sederhana, yaitu minum setengah liter air dari keran sebelum makan.

Dream - Penelitian terbaru University of Birmingham, Inggris, menemukan manfaat besar dari air keran. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengalami kegemukan dapat menurunkan berat rata-rata 4,3 kilogram dalam 12 minggu dengan cara meminum 500 mililiter air dari keran setengah jam sebelum makan.

Kesimpulan tersebut diperoleh setelah para peneliti memantau pasien dewasa yang mengalami kegemukan selama 12 minggu. 

Setiap relawan penelitian mendapat konsultasi manajemen berat badan. Mereka diberikan saran-saran bagaimana mengubah gaya hidup, termasuk diet mereka. Para peserta juga dianjurkan untuk memperbaiki level aktivitas fisik mereka.

Setengah dari para peserta diminta untuk minum air dari keran sebelum makan. Sementara sisanya hanya diberi konsultasi masalah diet dan kegemukan. Hasilnya, peserta yang berada di kelompok pertama rata-rata kehilangan 1,3 kilogram berat badannya daripada kelompok ke dua.

Peserta yang minum air keran setiap sebelum makan dilaporkan mengalami penurunan berat badan sekitar 4,3 kilogram dalam 12 minggu. Sedangkan mereka yang hanya minum air keran sekali atau tidak sama sekali, hanya kehilangan rata-rata 0,8 kilogram.

Dalam penelitian ini, relawan diharuskan untuk minum air keran. Adapun, soda atau minuman yang manis tidak diizinkan.

" Ini adalah sesuatu yang tidak merepotkan untuk diterapkan ke dalam kehidupan kita sehari-hari yang sibuk," kata Helen Parretti, dosen di University of Birmingham. Hasil dari penelitian Parretti dan timnya ini diterbitkan dalam jurnal Obesity.

Menurut Parretti, hanya minum setengah liter air, tiga kali sehari, sebelum makan, dapat mengurangi berat badan. Ketika dikombinasikan dengan petunjuk singkat tentang cara untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisik dan diet yang sehat, cara ini semakin membantu orang untuk mencapai penurunan berat badan lebih jauh namun dalam tingkat yang moderat dan sehat.

 Sumber: Mirror.co.id

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik