Pakai Sandal Jepit Berisiko Cedera Punggung

Reporter : Kusmiyati
Rabu, 29 Juli 2015 17:30
Pakai Sandal Jepit Berisiko Cedera Punggung
Tak hanya sakit di bagian kaki, terlalu sering mengenakan sandal jepit bisa berisiko gangguan pada pinggul, lutut, dan cedera punggung.

Dream - Kenyamanan dari sandal jepit memang tidak ada duanya. Selain itu alasan murah dan mudah didapat serta tampilannya yang kian menarik, membuat masyarakat kerap menggunakannya.

Namun dibalik itu semua, sandal jepit ternyata menyimpan dampak buruk untuk kesehatan. Ahli bedah ortopedi dari American Orthopaedic Foot and Ankle Society, John G. Anderson, MD mengatakan sandal jepit tidak dapat memberikan perlindungan bagian bawah kaki.

" Sandal jepit memang nyaman, boleh digunakan untuk menghindari licin. Tetapi sebaiknya jangan gunakan sehari-hari apalagi untuk olahraga atau mendaki," kata John dikutip WebMD, Rabu 29 Juli 2015,

John menambahkan sandal jepit dapat menyebabkan sakit kaki, tendinitis dan mudah terkilir. " Sandal jepit hanya sedikit memberikan perlindungan. Risikonya lebih besar misalnya patah atau kuku robek," ujar John.

Tak hanya sakit di bagian kaki, terlalu sering mengenakan sandal jepit memicu risiko gangguan pada pinggul, lutut, dan cedera punggung.

Permukaannya yang rata juga menyebabkan radang jaringan bagian bawah kaki yang menimbulkan nyeri pada tumit.

" Pilih sandal yang memiliki lengkungan sesuai telapak kaki dan gunakan di waktu yang tepat," ungkapnya. 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone