Makan Pisang Sebelum Berolahraga, Ini Alasannya

Reporter : Ervina
Senin, 3 November 2014 15:02
Makan Pisang Sebelum Berolahraga, Ini Alasannya
Kandungan gizi unik dalam buah pisang dapat membuat anda berolahraga dengan maksimal.

Dream - Menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga merupakan suatu aktivitas baik yang menyehatkan. Selain melakukan pemanasan agar otot tidak tegang saat berolahraga, ada baiknya anda juga memerhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Pisang merupakan salah satu makanan yang dianjurkan dan baik untuk dikonsumsi oleh anda sebelum memulai sesi olahraga. Apa saja sebenarnya manfaat tersembunyi dari sebuah pisang sehingga sangat baik untuk menjadi asupan tenaga saat berolahraga?

Glukosa alami
Satu buah pisang yang sudah matang memiliki zat pati yang dipecah menjadi glukosa sehingga terasa lebih manis dan lebih cepat dicerna tubuh. Glukosa dapat diubah menjadi glikogen yang akan disimpan sebagai bahan bakar otot yang siap dilepas saat berolahraga.

Menjaga Fungsi Tubuh
Kandungan vitamin B6 sangat baik untuk membuat protein alami bagi tubuh. Protein ini dapat menjaga fungsi tubuh, kesehatan sistem saraf, dan kekebalan tubuh. Pisang juga merupakan sumber folat, kalium, magnesium dan vitamin C. Mengkonsumsi pisang sebelum berolahraga sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh tetap memiliki asupan tenaga.

Kaya Serat, Nutrisi dan Antioksidan
Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan zat lengkap termasuk serat, nutrisi dan antioksidan yang dapat memenuhi asupan gizi. Makan buah pisang sebelum berolahraga sudah cukup membuat tubuh terasa segar bertenaga.

Dapat Mencegah Kram Otot
Melewatkan sesi pemanasan hingga berujung pada kram otot bukan lagi sebuah keluhan baru. Nah, kandungan potasium pada pisang dapat mengatasi keluhan tersebut. Pottasium juga dapat mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Sebaiknya makan setengah porsi pisang berukuran besar sekitar 15 menit untuk durasi olahraga lebih dari satu jam.

Membakar Lemak Jadi Energi
Kandungan asam amino pada pisang sangat baik untuk membakar lemak menjadi energi sehingga mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Mengkonsumsi pisang sebelum berolahraga dapat menambah tenaga yang sangat dibutuhkan saat prose membakar lemak dalam tubuh dan pembentukan otot.

(Ism, Dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya