Satu Jam Usai Tenggak Minuman Bersoda

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 31 Juli 2015 12:16
Satu Jam Usai Tenggak Minuman Bersoda
Tanpa disadari, tubuh akan merasakan kegelisahan lantaran kurang cairan. Rasa gelisah itu dapat hilang dengan meminum lagi Coca-Cola.

Dream - Saat Lebaran atau hari spesial lainnya, kita kadang disuguhi minuman berkarbonasi atau soda. Minuman jenis ini memang enak dan menyegarkan, apalagi jika diminum dalam keadaan dingin.

Tetapi Anda perlu tahu bahwa efek dari minum minuman berkarbonasi sangatlah buruk bagi kesehatan.

Seorang ahli farmasi bernama Niraj menjelaskan dalam blognya The Renegade Pharmacist tentang proses yang terjadi satu jam kemudian, setelah kita minum satu kaleng minuman bersoda ukuran 330 ml.

Menurutnya, minuman itu tidak hanya mengandung sirup jagung fruktosa dalam kadar yang tinggi, tetapi juga dibuat dengan campuran garam halus dan kafein.

" Mengkonsumi secara teratur bahan-bahan ini dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes dan obesitas," katanya.

Berikut ini penjelasan Niraj secara rinci tentang yang terjadi satu jam kemudian setelah seseorang minum minuman berkarbonasi.

1. Pada 10 menit pertama

Dalam 10 menit pertama, tubuh akan dibombardir dengan gula yang jumlahnya setara dengan 10 sendok teh. Pada kondisi normal, orang yang makan atau minum dengan kandungan gula yang besar akan muntah. Namun karena minuman ini mengandung asam fosfat, keinginan untuk muntah akan hilang.

2. Pada 20 menit berikutnya

Pada tahap ini, gula darah akan naik tajam dan tubuh berusaha untuk melawannya. Akibatnya terjadi resistensi insulin dalam aliran darah sehingga tidak dapat berfungsi mengalirkan glukosa. Saat inilah hati akan bekerja keras untuk memecah gula dan mengubahnya menjadi lemak.

3. Pada 40 menit berikutnya

Tubuh akan menyerap semua kafein yang terkandung dalam minuman. Pada tahap ini, pupil mata akan melebar, tekanan darah meningkat sebagai respon terhadap meningkatnya produksi glukosa dalam aliran darah oleh hati. Reseptor adenosine di dalam otak fungsinya dihalangi sehingga mencegah kantuk.

4. Pada 45 menit berikutnya

Produksi hormon dopamine meningkat sehingga merangsang kesenangan dalam otak. Efek ini mirip dengan seseorang yang memakai heroin.

5. Setelah satu jam

Asam fosfat dalam minuman mempercepat metabolisme melalui pengikatan kalsium, magnesium, dan seng dalam usus. Ditambah dengan jumlah gula dan pemanis buatan yang tinggi, proses ini akan membuat Anda selalu ingin kencing yang dibarengi dengan pengikisan kalsium dari tulang. Jadi setelah satu jam minum, kalsium dalam tulang akan terkikis bersama magnesium, seng, natrium, air, sodium, dan elektrolit yang dibuang melalui air seni.

6. Setelah lebih dari satu jam

Anda akan mengalami kekurangan gula parah sehingga menyebabkan gelisah dan sulit tidur. Anda akan merasa tidak nyaman setelah efek soda habis. Kenyamanan ini lantaran Anda kekurangan cairan dalam jumlah banyak. Ketidaknyamanan tersebut akan hilang begitu Anda meminum minuman sejenis. Begitu seterusnya.

(Ism, Sumber: metro.co.uk)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'