Inilah Cara Diet OCD yang Benar, Bikin Berat Badan Cepat Turun

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 3 Oktober 2019 08:12
Inilah Cara Diet OCD yang Benar, Bikin Berat Badan Cepat Turun
Diet OCD diperkenalkan oleh mentalis dan presenter Deddy Corbuzier. Penasaran bagaimana cara diet OCD yang benar?

Dream- Diet sebenarnya merupakan aturan makan yang memiliki tujuan kesehatan tertentu. Ada banyak jenis diet, seperti diet paleo, diet karbo, hingga diet mayo, semuanya punya metode yang berbeda.

Deddy Corbuzier mempopulerkan metode diet yang ia lakukan selama ini, bernama OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet).

Tahun 2013 lalu, Deddy Corbuzier mengejutkan publik dengan bentuk tubuhnya yang semakin kekar dan berotot. Penampilannya sangat berbeda dengan bentuk tumbuhnya yang dulu. Ternyata, Deddy melakukan diet untuk menurunkan berat badan membentuk tubuhnya.

 Deddy Corbuzier

Keberhasilan diet Deddy menginspirasi orang lain untuk mencoba metode diet yang sama, OCD. Dan, tak sedikit pula yang berhasil mencapai berat badan ideal dengan OCD. Metode diet ini kemudian jadi populer, dan semakin banyak orang penasaran untuk mencoba diet ini.

Sahabat Dream yang penasaran bagaimana cara diet OCD ini, bisa simak artikel di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Cara Diet OCD, Kenali Jendela Makan Pertama dan Kedua

Sebelum mencoba cara diet OCD, Sahabat Dream harus mengetahui istilah Jendela Makan. Istilah ini merujuk pada penjadwalan waktu makan, mulai dari jadwal makan pertama dan jangka waktu makan selanjutnya.

Jendela Makan Pertama
Aturan makan di Jendela Makan Pertama ini dimulai dengan makan pertama di jam yang sudah ditentukan, kemudian memberi jangka waktu 8 jam untuk jadwal makan selanjutnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan puasa makanan selama 16 jam.

Contohnya, Sahabat Dream makan pertama pukul 9 pagi, kemudian beri jeda 8 jam sampai jadwal makan selanjutnya, pada pukul 5 sore. Setelah itu, lakukan puasa makanan selama 16 jam. Selama puasa tersebut, Sahabat Dream diperbolehkan minum air putih saja.

 Cara Diet OCDCara Diet OCD © Shutterstock


Jendela Makan Kedua
Setelah terbiasa dengan Jendela Makan Pertama, lakukan tahapan selanjutnya, yaitu Jendela Makan Kedua. Pada tahapan ini, Sahabat Dream punya waktu bebas untuk makan selama 6 jam dan sisanya untuk berpuasa. Misalnya, makan pertama dimulai pukul 8 pagi, maka selama 6 jam setelahnya, kita bebas makan. Setelah pukul 2 siang hingga pagi lagi, diharuskan berpuasa makan.

Bila merasa kesulitan di tahap ini, Sahabat Dream bisa mengombinasikan Jendela Makan Pertama dengan Kedua, agar terbiasa dengan Jendela Makan Kedua.

2 dari 5 halaman

Cara Diet OCD, Jendela Makan Ketiga dan Keempat

Jendela Makan Ketiga
Setelah berhasil melewati tahap Jendela Makan Kedua, Sahabat Dream bisa naik tingkat ke Jendela Makan Ketiga. Pada tahap ini, penjadwalan makan dan jangka waktunya semakin ekstrem. Waktu bebas makan hanya 4 jam dan sisanya, 20 jam untuk berpuasa makan.

Tahap ini mungkin akan berat. Untuk meringankannya, Sahabat Dream bisa mengombinasikan Jendela Makan sebelumnya dengan Jendela Makan Ketiga. Misalnya, Senin sampai Kamis memakai Jendela Makan Pertama, Jumat dan Sabtu menerapkan Jendela Makan Kedua, dan Minggu digunakan untuk Jendela Makan Ketiga.

 Cara Diet OCDCara Diet OCD © Shutterstock


Jendela Makan Keempat
Apabila Sahabat Dream sudah bisa melewati tiga Jendela Makan di atas, kini saatnya masuk ke puncak diet OCD, Jendela Makan Keempat. Mungkin terdengar ekstrem kalau dikatakan harus berpuasa makan selama 24 jam. Sahabat Dream diperbolehkan makan satu kali saja dalam sehari dengan ketentuan jadwal yang tetap.

Berani coba konsep Jendela Makan ala OCD ini?

3 dari 5 halaman

Tips Diet OCD, Hindari Sarapan dan Tidak Berlebihan

Untuk menyukseskan diet OCD, Sahabat Dream bisa mencoba terlebih dahulu metode diet pendukung OCD sebelum benar-benar memulai OCD dari Jendela Makan Pertama.

Hindari Sarapan
Menghindari sarapan bukan berarti tidak makan di pagi hari. Bagi Deddy, sarapan justru akan menambah insulin dan menyebabkan tubuh mudah mengantuk. Jam sarapan yang disarankan Deddy bisa dimulai 3-4 jam setelah bangun tidur. Misalnya, Sahabat Dream bangun pukul 5 pagi, mulailah sarapan pada pukul 8 atau 9 pagi.

 Cara Diet AlamiCara Diet Alami © Shutterstock


Tidak Makan Berlebihan
Selain menghindari jam sarapan terlalu pagi, Deddy juga menyarankan makan dengan porsi cukup dan tidak berlebihan. Dalam diet OCD, kita hanya diberi kesempatan makan selama beberapa jam saja, tapi bukan berarti kita harus makan banyak. Makanlah sesuai kebutuhan, kalau biasanya hanya satu porsi, cukup makan satu porsi saja.

4 dari 5 halaman

Cara Diet OCD dengan Olahraga Rutin

Diet memang aturan soal makan, dari jadwal hingga menu. Tapi, bukan berarti diet tidak ada kaitannya dengan olahraga. Justru, dengan didukung olahraga rutin, akan membuat diet semakin efektif. Sama seperti diet OCD yang mengharuskan tubuh untuk berolahraga secara rutin.

 Cara Diet OCDCara Diet OCD © Pixabay

Olahraga yang dilakukan tidak perlu latihan berat dan harus di gym. Sahabat Dream bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, sit-up, atau berenang. Yang terpenting dalam diet OCD adalah rutin dan konsisten.

Komitmen untuk rutin berolahraga dalam diet OCD sangat diperlukan. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, tapi juga ampuh untuk membentuk otot tubuh dan menambah massa otot. Tak heran kalau Deddy punya otot yang padat dan kekar, ya Sahabat Dream.

5 dari 5 halaman

Panduan Cara Diet OCD untuk Pemula

Ada satu hal lagi yang harus Sahabat Dream tahu tentang OCD, terlebih kalau kalian pemula dalam diet. OCD memang tidak memiliki pantangan menu makanan tertentu, tapi bukan berarti bebas makan apa saja. Terlebih untuk pemula, jangan langsung mencoba Jendela Makan dengan level yang sulit, dengan alasan bisa bebas makan apa saja.

 Cara Diet OCDCara Diet OCD © Shutterstock

Hal tersebut justru akan memberatkan tubuh dan sistem pencernaan kita. Lakukan Jendela Makan Pertama terlebih dahulu selama satu sampai dua pekan. Baru setelah terbiasa, lanjutkan ke Jendela Makan Kedua. Terus berlanjut ke Jendela Makan selanjutnya.

Perlu diperhatikan bila sudah masuk ke Jendela Makan Keempat, Sahabat Dream bisa menyelinginya dengan Jendela Makan tahap sebelumnya. Setelah mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang diinginkan, jangan langsung melepas kebiasaan Jendela Makan ya, agar tubuh tidak terkejut dan kembali ke berat badan sebelumnya. (mut)

Dirangkum dari berbagai sumber

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak