7 Tips Kembalikan Berat Badan Usai Kalap Santap Makanan Lebaran

Reporter : Reni Novita Sari
Rabu, 27 Mei 2020 06:48
7 Tips Kembalikan Berat Badan Usai Kalap Santap Makanan Lebaran
Jangan sampai lebaran yang seharusnya menjadi momen bahagia justru membawa kesedihan karena kesehatan dan berat badan mengalami kenaikan yang tajam

Dream- Lebaran memang membawa kebahagiaan bagi semua orang. Di momen Idul Fitri itu tentunya kalian berkumpul dengan keluarga sembari menikmati hidangan khas lebaran. Mulai dari opor, sambal goreng, rendang, hingga berbagai macam kue-kue lebaran.

Nah, meskipun sangat enak dan hanya disajikan satu tahun sekali, semua hidangan khas lebaran ini kebanyakan mengandung lemak tinggi yang tidak baik bagi kesehatan. Bisa-bisa karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak, kesehatan hingga berat badan Sahabat Dream jadi terganggu.

Akhirnya,  lebaran yang seharusnya menjadi momen bahagia justru membawa kesedihan karena kesehatan dan berat badan mengalami kenaikan yang tajam. Jangan sampai kondisi ini terjadi pada kita ya Sahabat Dream.

Jika kamu terlanjur makan-makanan berlemak saat lebaran, apa soslusinya? Merasa bersalah tentu bukan jawabannya. Nah berikut ini telah Dream rangkum dari beberapa sumber, 5 tips menurunkan berat badan usai kalap mengonsumsi makanan Lebaran. Simak tipsnya berikut ini!

1 dari 7 halaman

1. Perbanyak Minum Air Putih

Setelah mengonsumsi makanan berlemak, sebaiknya penuhi asupan cairan tubuh dengan banyak minum air putih sesuai anjuran. Pasalnya selama berpuasa dan lebaran kemungkinan besar konsumsi air putih sempat berkurang karena terus mengkonsumsi minuman manis. Perbanyaklah minum air putih untuk menetralisir tingginya kadar lemak dalam tubuh setalah mengkonsumsi daging berlemak.

Nah, setelah kalap mengonsumsi makanan khas Lebaran inilah saatnya bagi Sahabat Dream menebusnya dengan mulai mengkonsumsi air putih dengan lebih teratur. Cara ini bisa dijadikan tips agar tidak terlalu merasa berdosa setelah makan-makanan berlemak.

2 dari 7 halaman

2. Perbaiki Pola Makan

 perbaiki pola makan© Ilustrasi foto : shuttershock

Setelah kalap makan saat lebaran, kini saatnya Sahabat Dream mengatur dan memperbaiki pola makan. Saat lebaran, pola makan bisa kacau karena terus makan makanan berlemak. Kondisi inilah yang menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka setelah prosesi lebaran berakhir maka perbaiki pola makan sehat, ya!

Mulai atur pola makan 3 hari sehari dengan porsi yang cukup. Perbanyak sayuran dan buah-buahan. Mulai kurangi makanan dan minuman manis karena toh Sahabat Dream sudah mengkonsumsi banyak selama lebaran. Konsumsi juga buah dan sayuran yang bisa mengimbangi jumlah kalori yang berlebihan. Misal mentimun, tomat, semangka, melon dan wortel.

3 dari 7 halaman

3. Kembali Rajin Olahraga

 olahraga© Ilustrasi foto : shuttershock

Selama berpuasa sebagian dari Sahabat Dream mulai membatasi berolahraga karena takut akan mengganggu ibadah puasa. Nah, setelah lebaran ini sebaiknya kembalikan rutinitas olahraga seperti biasa. Aliran darah menjadi lancar dan tentunya bisa membuang kelebihan kalori yang ditimbulkan ketika memakan daging olahan.

Rutin melakukan aktivitas fisik dipercaya dapat menjadi salah satu upaya mencegah naiknya kadar kolesterol dalam darah. Salah satu aktivitas fisik yang ringan dan dapat dilakukan dengan rutin adalah berjalan kaki.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh  Universitas Harvard, kegiatan rutin berjalan kaki selama 30-45 menit dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 10% lho! Nah, Sahabat Dream bisa memulai hal ini dengan berjalan kaki santai mengelilingi komplek sekitar perumahan sebelum dan sesudah hari raya agar kadar kolesterol tetap terjaga.

4 dari 7 halaman

4. Diet Sehat Jika Perlu

Jika Sahabat masih merasa kelebihan berat badan, maka bisa juga mulai melakukan diet sehat. Sebaiknya lakukan diet sesuai dengan kebutuhan tubuh. Hindari menjalani diet ketat hingga membuat Sahabat Dream sakit. Jangan lupa bahwa diet bukan berarti tidak makan sama sekali lho!

Mengkonsumsi banyak makanan berlemak dan minuman manis saat lebaran tentu saja bisa mengganggu Kesehatan. Untuk itu, kembalikan pola hidup sehat agar tidak mengalami kenaikan berat badan. 

 diet sehat© Ilustrasi foto : shuttershock

5 dari 7 halaman

5. Jaga Pola Tidur

 jaga pola tidur© Ilustrasi foto : pixabay.com

Selama puasa pola tidur Sahabat Dream sedikit kacau karena harus selalu bangun pagi untuk sahur. Otomatis jam tidur banyak berkurang. Padahal tidur dengan waktu cukup adalah salah satu syarat agar tubuh tetap sehat.

Nah, untuk itu sebaiknya kembalikan pola tidur seperti semula sebelum berpuasa. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam sehari agar badan lebih segar dan kamu pun tidak mudah merasa lelah saat beraktivitas.

6 dari 7 halaman

6. Konsumsi Acar

Makanan yang dimasak dengan menggunakan santan memang memiliki rasa yang gurih dan lezat. Namun terlalu banyak mengkonsumsi santan dapat mengakibatkan melonjaknya kadar kolesterol dalam darah. Hal itu dikarenakan santan yang telah dimasak dan dipanaskan akan membentuk lemak trans dan asam lemak jenuh. Karena itu, saat bersilaturahmi ke rumah keluarga usahakan untuk membatasi mengkonsumsi santan.

Jika Sahabat Dream ingin mengonsumsi opor ayam yang notabene berkuah santan, Kamu dapat mengambil kuahnya dalam jumlah yang sedikit, dan jika terdapat acar maka konsumsilah bersama acar, karena acar dapat menyeimbangkan kadar lemak atau minyak yang masuk ke dalam tubuh. Acar biasanya disajikan dengan sedikit cuka yang memiliki rasa asam dan baik untuk menghancurkan lemak.

7 dari 7 halaman

7. Konsumsi Infused Water

 infused water© Ilustrasi foto : shuttershock

Jika Sahabat terlanjur mengkonsumsi makanan dengan santan, maka pastikan untuk segera mengonsumsi minuman dengan kandungan buah lemon. Sahabat Dream bisa membuat infused water dengan tambahan irisan lemon dan meminumnya setelah mengonsumsi makanan yang mengadung santan dan lemak. 

Rasa asam yang dihasilkan oleh buah lemon dipercaya dapat membantu menyingkirkan lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh. Hal itu dapat membantu kamu untuk menjaga kadar kolesterol. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi buah-buahan yang dikenal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol seperti, pisang, Apel, Jeruk, dan Stroberi.

Beri Komentar