13 Cara Diet Ampuh Dapatkan Bentuk Tubuh Ideal dengan Cepat dan Tepat

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 28 Mei 2020 12:12
13 Cara Diet Ampuh Dapatkan Bentuk Tubuh Ideal dengan Cepat dan Tepat
Mau tubuh yang ideal? Yuk ikuti langkah ini!

Dream- Perempuan mana yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal. Tentu semua menginginkannya. Sayangnya, tidak semua perempuan dikaruniakan tubuh yang ideal sejak lahir. Sebagian orang harus mengusahakannya dengan upaya keras untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal dan indah.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan diet. Bukan tidak makan sama sekali, diet yang dimaksud di sini adalah mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga kamu tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Walaupun banyak yang mengatakan melakukan diet sangat sulit, namun seiring berkembangnya zaman kini, banyak bermunculan cara diet yang mudah kamu lakukan lho. Serunya lagi, kini banyak diet yang ampuh membuat kamu kehilangan berat badan tanpa harus merasa kelaparan dan tersiksa. Penasaran bagaimana diet yang ampuh untuk membentuk tubuh yang ideal? 

Berikut Dream rangkum dari berbagai sumber, simak yuk!

1 dari 13 halaman

1. Minum air sebelum makan

 diet sehat© Ilustrasi foto : shuttershock

Menurut penelitian, minum air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Minum air sebelum makan dapat membuatmu lebih cepat merasa kenyang, sehingga keinginan untuk melahap makanan dalam jumlah banyak dapat berkurang.

Selain itu, perlu kamu sadari bahwa rasa haus terkadang muncul menyerupai rasa lapar. Jadi saat mulai merasa lapar, coba atasi dengan minum air putih terlebih dahulu, dan hanya makan pada waktunya. Dengan menerapkan cara ini, jumlah kalori yang kamu konsumsi juga dapat berkurang.

2 dari 13 halaman

2. Jangan lupa sarapan

Tahukah kamu, sarapan adalah bagian penting dari penurunan berat badan? Dengan rajin sarapan, keinginan untuk mengonsumsi makanan atau camilan yang tidak sehat jadi berkurang.

Membiasakan diri sarapan juga akan membuat rasa lapar di siang hari berkurang. Efeknya, keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan pada jam makan siang akan turut berkurang.

3 dari 13 halaman

3. Konsumsi makanan yang tepat

 diet sehat© Ilustrasi foto : shuttershock

Kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, disarankan untuk mengonsumi makanan berserat dan mengandung protein. Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. Pilih sumber protein yang sehat untuk tubuh, seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju.

Selain makanan yang tinggi protein, perbanyak pula konsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, namun rendah kandungan kalori. Makanan berserat yang bisa kamu konsumsi di antaranya adalah sayur, buah, makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan gandum.

4 dari 13 halaman

4. Makan dalam porsi kecil

Kamu bisa menyiasatinya dengan memakai piring atau mangkuk yang lebih kecil saat mengambil makanan. Menurut penelitian, makan dengan piring atau mangkuk kecil dapat membuat kamu terbiasa makan dengan porsi yang sedikit, sehingga jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang.

Makan dengan porsi kecil namun sering, yaitu 4-5 kali sehari, lebih baik dalam membantu menurunkan berat badan ketimbang makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.

5 dari 13 halaman

5. Makan secara perlahan

Selain makan dalam porsi kecil, makan secara perlahan dan santai juga dapat mendukung penurunan berat badan. Dengan kebiasaan makan seperti ini, tubuh dapat mengirim sinyal kenyang ke otak sebelum kamu menghabiskan terlalu banyak makanan.

6 dari 13 halaman

6. Bukan Menghindari tapi Membatasi

Tidak perlu menghindari makanan yang kamu suka. Jika kamu menjauhi makanan tersebut, keinginanmu untuk mengonsumsinya malah akan jadi lebih kuat. Jadi kuncinya bukan menjauhi, tapi membatasinya. Sebagai contoh, kamu bisa membeli kue kering satuan, ketimbang membelinya dalam kotak atau stoples.

7 dari 13 halaman

7. Tidur cukup

 diet sehat© Ilustrasi foto : shuttershock

Selain menjaga pola makan, pastikan waktu tidurmu tercukupi dengan baik. Sebab, saat kamu kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dapat meningkat. Efeknya, kamu akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Tentunya hal ini akan membuat diet penurunan berat badanmu jadi berantakan.

8 dari 13 halaman

8. Bergerak aktif

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa olahraga selalu dikaitkan dengan penurunan berat badan. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dipangkas hanya dengan menjalani diet.

Kamu dapat mempraktikkan cara mudah menurunkan berat badan di atas sebagai bagian dari pola hidup sehat. Jangan tergoda oleh berbagai diet cepat, karena berisiko mengganggu kesehatan dan membuat berat badan mudah untuk naik kembali.

Jika perlu, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter gizi untuk program penurunan berat badan. Dokter gizi akan memberikan rencana diet yang sesuai kondisi kesehatanmu.

9 dari 13 halaman

9. Minum Air Jeruk Nipis di Pagi Hari

 diet sehat© Ilustrasi foto : pixabay.com

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Dengan meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat selama masa diet Anda, dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.


Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini akan bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga berat badan turun.


Diet alami dan sehat memang tidak terlalu ketat dan menyiksa, Tapi tetap saja dibutuhkan komitmen tinggi agar berat badan dapat turun secara berkala dan memiliki efek jangka lama.

10 dari 13 halaman

10. Hindari Kandungan Gula Tinggi

Hindarilah mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Bacalah tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack yang akan kamu makan atau minum.

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebih memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan manis, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya. Hindari pula minuman bersoda karena dalam minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi.

 diet sehat© Ilustrasi foto : shuttershock

11 dari 13 halaman

11. Hindari Makan Lebih dari Jam 6 Sore

Sarapan tentu membutuhkan porsi yang lebih banyak sebagai asupan energi kita selama seharian penuh, begitu juga dengan makan siang. Porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Begitu pula makan malam. Karena aktivitas sudah selesai, Anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Nasi bisa diganti dengan sebuah apel. Atau jika memang hendak makan malam, jangan langsung tertidur setelah makan.

12 dari 13 halaman

12. Menentukan Target

Tetapkan target yang realistis sebelum diet dan selama diet berlangsung. Jangan terlalu berobsesi menurunkan berat badan secara cepat. 1 kilogram seminggu sudah cukup. Tetapkan pula target-target kecil seperti, tidak makan gorengan, tidak makan makanan cepat saji, dan lainnya.

 diet sehat© Ilustrasi foto : shuttershock

13 dari 13 halaman

13. Berpikiran Optimis

Selain menentukan target, tentu kamu harus mengontrol pikiran untuk menguruskan badan. Tetapkan pikiran yang positif dan optimis bahwa kamu akan kurus. Jangan membayangkan makanan-makanan penggagal diet selama diet berlangsung.

Nah, itulah beberapa cara memperoleh bentuk badan yang ideal. Asalkan kalian yakin dan konsisten mengerjakannya pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat Mencoba!

Beri Komentar