Duh, Kasus TBC di Indonesia Tertinggi Ketiga Dunia

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 22 November 2018 17:29
Duh, Kasus TBC di Indonesia Tertinggi Ketiga Dunia
Pengobatan harus dilakukan sampai tuntas.

Dream - Penyakit tuberkulosis (TBC) di Indonesia ternyata jumlahnya masih sangat tinggi. Data dari organisasi PBB, UNICEF, menempatkan Indonesia di peringkat 3 dunia terkait jumlah penderita penyakit ini.

Penyakit yang disebabkan bakteri Mycobacterium Tuberculosis ini memang sangat mudah menular. Melalui cipratan dahak di udara dan masuk melalui pernapasan. Risiko penularan TBC dapat dikurangi jika pasien diobati sampai sembuh.

" Mulailah menggunakan masker walau hanya batuk karena itu akan membuat orang-orang yang terkena TBC tidak berpikir hanya TBC saja yang menggunakan masker," kata Nila Farid Moeloek, Menteri Kesehatan RI di acara Hari Kesehatan Nasional, 22 November 2018.

TBC bukan hanya menurunkan kualitas kesehatan secara fisik, tapi juga berdampak besar terhadap kehidupan sosial dan keuangan baik buat si penderita maupun keluarganya.

Menurut Nila, sebagian orang yang terkena TBC adalah orang-orang yang berada pada usia produktif yaitu 15-54 tahun. Penyakit ini bisa sembuh tapi sayangnya masih banyak penderita yang tak melakukan pengobatan secara tuntas karena terhambat biaya.

" Meskipun diagnosis dan pengobatan TBC gratis, tetapi pasien TBC mengalami kendala biaya untuk transportasi, akomodasi, gizi dan kehilangan pekerjaan karena tidak mampu untuk bekerja lagi. Dengan begitu banyak pasien yang terkena TBC tidak memulai pengobatan maupun berhenti untuk melakukan pengobatan," ungkap Nila.

(Sah, Laporan Ava Haprin)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya