Infeksi Saluran Kemih, Penyakit yang Mengincar Kaum Hawa

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 21 November 2018 17:42
Infeksi Saluran Kemih, Penyakit yang Mengincar Kaum Hawa
Saat kuman masuk dan terjadi infeksi, sederet gejala menyiksa akan muncul.

Dream - Sebagai wanita, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan tubuh. Bukan hanya bagian yang terlihat, tapi juga bagian yang tidak terlihat, seperti organ intim.

Area ini harus selalu dirawat dan dibersihkan. Apalagi, kaum hawa sangat rentan terkena infeksi saluran kandung kemih (ISK) dibandingkan pria. Seperti dikutip dari Kidney.org, hal ini terjadi karena perempuan memiliki uretra yang pendek dan lurus.

Kondisi tersebut membuat kuman lebih mudah untuk masuk ke dalam kandung kemih. Uretra merupakan saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh. Fungsinya, sebagai saluran pembuangan, baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual.

Saat kuman masuk dan terjadi infeksi, sederet gejala menyiksa akan muncul. Antara lain muncul rasa ingin buang air kecil yang tak tuntas atau sering disebut anyang-anyangan. Lalu, terasa nyeri hebat saat buang air kecil.

Pada kondisi yang sudah parah muncul darah di urine dan suhu tubuh meningkat meski tak sampai demam. Untuk itu, jangan sepelekan anyang-anyangan, karena bisa jadi gejala awal ISK.

Segera periksakan ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut. Penyakit ini tak bisa sembuh dengan sendirinya karena dipicu bakteri. Dibutuhkan terapi obat antibiotik untuk meredakannya.

Jika didiamkan, ISK bisa memicu urosepsis, yaitu saat bakteri di ginjal yang terinfeksi menyebar ke darah. Kondisi ini bisa membuat tekanan darah turun drastis hingga syok, bahkan kematian.

Laporan Mega Rasmiyati

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis