3 Pemicu Tekanan Darah Tinggi yang Sering Disepelekan

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 22 November 2018 16:15
3 Pemicu Tekanan Darah Tinggi yang Sering Disepelekan
Bukan hanya dipicu oleh makanan bergaram tinggi, tapi...

Dream - Pemeriksaan tekanan darah sangat penting dilakukan secara teratur. Tekanan darah yang levelnya terlalu tinggi diyakini bisa langsung menyebabkan stroke. Jika sudah terjadi, kondisinya tentu saja sangat fatal.

Selama ini banyak yang menganggap kalau tekanan darah tinggi hanya dipicu makanan yang tidak sehat seperti kaya garam dan minyak. Padahal ada penyebab lainnya yang sering kali tak disadari dan disepelekan.

Nah untuk itu Sahabat Dream, waspadalah terhadap tiga pemicu tekanan darah tinggi ini. Meski sering diabaikan, ternyata efeknya bisa meningkatkan tekanan darah secara signifikan.

Gula berlebihan

Bukan hanya garam, gula juga bisa meningkatkan tekanan darah kamu. Terutama gula yang berbentuk cairan dalam minuman kemasan. Orang-orang yang mengonsumsi banyak gula dalam makanan diketahui mengalami peningkatan yang signifikan dalam level tekanan darahnya. Jadi, batasi juga konsumsi gula harian.

Kesepian

Ini bukan hanya tentang jumlah teman yang kamu miliki tapi juga bagaimana hubungan yang terbentuk dengan pasangan, kerabat dan teman. Tekanan darah orang yang kesepian dalam sebuah penelitian naik lebih dari 14 poin. Untuk itu, pastikan kamu tak merasa kesepian. Cari aktivitas positif yang bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik.

Tidak Cukup Kalium

Ginjal membutuhkan keseimbangan natrium dan kalium untuk menjaga jumlah cairan yang tepat dalam darah. Jika kamu makan menu rendah garam, tapi tekanan darah masih tinggi mungkin harus memperbanyak makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu rendah lemak, atau ikan. Kalium bisa didapatkan dengan mengonsumsi pisang, brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

Sumber: WebMD

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'