Manfaat Tidur Tanpa Mengenakan Pakaian Buat Kesehatan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 2 Juli 2020 19:45
Manfaat Tidur Tanpa Mengenakan Pakaian Buat Kesehatan
Bisa mencegah berbagai masalah kesehatan tubuh dan kulit.

Dream - Tidur tanpa mengenakan pakaian memang bukan satu-satunya cara untuk menyehatkan tubuh. Apalagi dalam budaya Indonesia yang masih menganggap tidur tanpa pakaian sebagai kebiasaan baru.

Terlepas dari hal itu, tidur tanpa mengenakan pakaian ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu.

Mungkin kamu telah mendengar beberapa manfaat tidur tanpa busana sebelumnya. Dilansir dari Healthline, berikut manfaat tidur tanpa busana yang mungkin belum kamu ketahui.

Lebih Mudah Tertidur

 Tidur© Shutterstock.com

Suhu tubuh merupakan kunci dari mudahnya kamu tertidur. Hal tersebut biasa disebut ritme sirkadian, yaitu rutinitas biologis yang mengontrol waktu tidur.

Mendinginkan tubuh dapat memberikan sinyal untuk tidur. Sementara, tidur tanpa busana dapat menurunkan suhu tubuh, sehingga kamu akan lebih mudah tertidur.

 

 

1 dari 3 halaman

Menyehatkan Kulit

 Kulit Sehat© Shutterstock.com

Tidur tanpa busana akan meningkatkan kualitas tidur, sehingga kulitmu pun akan terlihat lebih sehat.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kualitas tidur memengaruhi kemampuan kulit untuk mengatasi luka kecil.

Responden pada penelitian tersebut terbagi ke dalam tiga kelompok, yaitu orang yang tidurnya cukup, sulit tidur serta mengalami kesulitan tidur namun mendapatkan nutrisi lebih banyak.

Peneliti berhasil membuktikan bahwa luka pada kelompok pertama lebih cepat sembuh daripada dua kelompok lainnya. Maka dari itu, nutrisi ekstra tidak memberi pengaruh signifikan pada penyembuhan luka dan tidurlah yang berpengaruh besar.

2 dari 3 halaman

Meredakan Stres dan Kecemasan

 Stres© Shutterstock.com

Jika ingin mengatasi stres dan kecemasan, tidur tanpa busana bisa dicoba. Tak dapat dipungkiri, bahwa buruknya kualitas tidur dapat mempengaruhi level stes, depresi, bahkan meningkatkan potensi bunuh diri. Jadi, tingkatkan kualitas tidur dengan tidak mengenakan pakaian saat tertidur agar mental pun sehat.

3 dari 3 halaman

Mencegah Kenaikan Berat Badan

 Mengontrol Berat Badan© Pexels.com

Sebuah penelitian yang melibatkan 21 ribu orang dalam 3 tahun, menemukan hubungan antara kurang tidur dan kenaikan berat badan.

Orang yang tidur kurang dari 5 jam cenderung lebih berisiko mengalami kenaikan berat badan.

Menjaga suhu tubuh tetap dingin di malam hari juga diklaim dapat meningkatkan pembakaran lemak. 

(Sumber: Healthline.com)

Beri Komentar