Saat Tubuh Bereaksi pada Air Minum

Reporter : Ayik
Selasa, 2 September 2014 17:20
Saat Tubuh Bereaksi pada Air Minum
Tubuh punya batas toleransi menerima cairan. Kalau berlebihan, nyawa bisa melayang.

Dream - Seorang wanita muda California, Amerika, sedang mengikuti lomba. Lombanya sih enteng saja, banyak-banyakan minum air putih. Wanita itu meski tidak menang, tetapi dia berhasil memasukkan 2 galon atau setara 7,6 liter air dalam sekali minum. Tak ada piala atau piagam yang dibawa pulang. Tetapi sorakan penonton cukup memberinya kesenangan. 

Tapi...,tunggu dulu. Selang beberapa jam kemudian, tubuh wanita itu tergeletak tak berdaya. Belum sempat dibawa ke rumah sakit, dia sudah kehilangan nyawa di rumahnya.

Peristiwa diayas terjadi tujuh tahun lalu. Minum air putih seolah tidak membahayakan. Setiap hari kita mengkonsumsinya. Lalu, apa yang terjadi pada wanita itu ? 

Dia meminum air diluar kemampuan toleransi tubuhnya. Memang saat kita minum air putih secara berlebihan total volume darah akan meningkat. Tekanan pada sistem pembuluh darah ikut melonjak membuat kerja jantung dan pembuluh darah ikut naik. Plus kerja ginjal pasti naik melewati batas kemampuannya.

Fungsi ginjal memang bertugas menyaring setiap cairan yang masuk dalam tubuh. Masalahnya, banyaknya air yang masuk melalui ginjal mengakibatkan peradangan. Ginjal memang punya batas kemampuan menerima asupan cairan pada tingkat tertentu yang aman dan dibutuhkan tubuh.

Seseorang yang berlebihan mengkonsumsi air putih menyebabkan kadar garam dalam darah anjlok. Reaksi yang terjadi pada tubuh akan merasakan mual, sakit kepala, kelelahan, muntah, hingga disorientasi mental. 

Kondisi ini berdampak pada rusaknya sel-sel tubuh yang membengkak. Sel-sel otak misalnya, terkurung dalam tulang tengkorak yang keras dan tidak punya ruang untuk mengembang karena cairan yang berlebihan. Akibatnya tubuh mengalami kejang, koma, sistem pernapasan terhenti, hingga berujung pada kematian.

Muncul pertanyaan : Berapa banyak harus mengkonsumsi air ? Jumlahnya sangat tergantung aktifitas kita. Misalnya, usai berolahraga tubuh mengeluarkan keringat sebanyak 500 mililiter per jam. Maka air yang harus diminum sekurangnya 500 mililiter juga. 

Nah, jika dalam aktifitas normal takaran paling mudah bagi tubuh kita cukup konsumsi 8 gelas sehari.  Anjuran yang tepat, mengkonsumsi air putih diantaranya :

1. Minumlah air putih secukupnya dan sewajarnya.

2. Konsumsi air minum setiap hari, tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan. 

3. Konsumsi 2 liter air perhari. Bukan hanya air putih namun juga air yang terdapat dalam minuman seperti kopi, jus, susu, serta makanan.

4. Penderita ginjal harus mengurangi jatah minum untuk meringankan kerja ginjal.

5. Paling mudah menghitung konsumsi air putih, minum segelas saat bangun tidur. Lanjutkan satu gelas sebelum dan sesudah sarapan, satu gelas saat makan siang, segelas sesudah dan sebelum makan malam, serta satu gelas menjelang tidur.

Beri Komentar
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi