Mengenal `Durasi Emas` Bayi

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 5 Desember 2016 05:02
Mengenal `Durasi Emas` Bayi
Dengan menaruh bayi di dada ibu, bayi dan ibu akan lebih tenang.

Dream - Jangan menyepelekan kontak kulit ibu dan bayi setelah melahirkan. Proses yang dikenal dengan inisasi menyusui dini (IMD) sangat menentukan dalam keberhasilan proses menyusui.

Bahkan peneliti dari Vanderbilt University di Amerika Serikat baru saja mengungkap, ibu dan anak yang bersentuhan kulit (skin to skin) segera setelah melahirkan, keberhasilan pemberian ASI eksklusifnya meningkat 50 persen.

" Kami percaya ada 'durasi emas' setelah lahir, di mana bayi ditempatkan pada perut ibu kemudian mereka secara naluriah bergerak naik tubuhnya menempel ke payudara," kata Elizabeth Moore, salah satu peneliti.

Dengan menaruh bayi di dada ibu, bayi dan ibu akan lebih tenang. Detak jantung dan pernapasannya pun lebih stabil.

Bayi juga langsung belajar mengenali aroma ASI, untuk kemudian 'membimbingnya' mencari sumber susu.

" Setelah satu jam pertama atau dua, hormon stres pada bayi menurun dan bayi sangat mengantuk. Jadi memanfaatkan waktu satu jam pertama saat bayi terjaga untuk menempelkannya di perut atau payudara merupakan tantangan tersendiri. Sehingga watu tersebut disebut durasi emas," kata Moore.

Studi juga menemukan bahwa bayi yang ditaruh di dada ibu dan melakukan kontak kulit memiliki kadar gula cukup tinggi.

Kondisi ini sangat baik karena ada kecenderungan masalah penurunan gula darah secara drastis pada bayi baru lahir yang bisa membahayakan nyawanya.

(Ism, Sumber: Daily Mail)

 

Baca Juga: Masya Allah, Alquran Bertinta Emas Terukir di Sutra Tipis Lucunya Kala Orang Arab Bermain Salju di Gurun Cantiknya Hijabers Kembaran Kim Ji Won (DOTS) Prihatin, Begini Bentuk Rumah 25 Meter Persegi Warga Suriah 20 Foto Ini Akan Buat Kamu Terinspirasi Jelajah Indonesia Foto Kehidupan Muslim Seabad Lalu di Tempat Imam Bukhari Hidup

Beri Komentar