Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bukan Karena Kelelahan, Ini Penyebab Utama Sakit Tifus

Bukan Karena Kelelahan, Ini Penyebab Utama Sakit Tifus Foto : Ilustrasi

Dream - Tifus, atau banyak orang menyebutnya sebagai tipes, merupakan salah satu penyakit dengan jumlah pasien tergolong masih tinggi di Indonesia. Selama ini banyak orang memahami penyakit Prevalensi demam tifoid ini muncul karena faktor kelelahan.

Penyebab tifus karena kelelahan memang tak sepenuhnya salah. Namun faktor utama seseorang bisa terserang tifus adalah makanan yang terkontaminasi bakteri Salmonella Typhi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Suzy Maria, Sp.PD-KAI dalam peluncuran kampanye #SantapAman yang digelar Sanofi Pasteur Indonesia menjelaskan banyak penyebab makanan bisa terkontaminasi bakteri penyebab penyakit tifus. 

"Pertama, melalui risiko dari orang yang menyiapkan makanan. Seorang koki atau chef bisa menularkan penyakit demam tifoid melalui makanan yang disiapkan jika ia tidak bisa menjaga kebersihan tangannya," jelasnya.

Cara mengolah makanan juga bisa menjadi perantara bakteri Tyfus berada di dalam makanan. Seseorang yang sedang memasak bisa jadi tak sadar pisau yang digunakan untuk memotong sayur dan daging terkontaminasi bakteri Salmonella Typhi.

Bakteri penyebab tifus juga bisa muncul dari air yang digunakan untuk mencuci bahan makanan. Dengan kata lain banyak perantara yang bisa menjadi pemicu bakteri masuk ke dalam makanan.

Penularan penyakit juga dapat terjadi saat berbagi makanan. Seseorang yang menyentuh makanan yang akan dimakan bersama tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu bisa jadi membawa bakteri tersebut.

Cara mengolah makanan juga harus menjadi perhatian untuk terhindar dari penyakit tifus. Mengonsumsi makanan atau air yang kurang matang bisa meningkatkan risiko tertular bakteri Salmonella Typhi.

Bahan makanan atau air yang dimasak kurang matang tidak cukup untuk membunuh bakteri yang ada di makanan dan air tersebut.

"Penyimpanan makanan yang tidak higienis, turut menjadi faktor penularan demam tifoid. Tidak semua makanan disarankan disimpan di suhu kamar, misalnya seperti daging," ungkapnya lagi.

 

Cegah Tifus Lewat Vaksin

Penanganan untuk pasien yang sudah terserang penyakit tifus adalah dengan menjalani perawatan di rumah sakit. Namun upaya pencegahan juga bisa dilakukan masyarakat.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari bakteri Salmonella Typhi, masyarakat bisa meminta dilakukan vaksinasi tifoid. Vaksin ini bisa dilakukan kepada pasien berusia minimal 2 tahun. 

"Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, seseorang direkomendasikan mendapat vaksinasi tifoid setiap tiga tahun sekali," imbuhnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penyuka Pedas, Dokter Ingatkan Risiko Luka di Lambung

Penyuka Pedas, Dokter Ingatkan Risiko Luka di Lambung

Makanan pedas bisa sangat berbahaya untuk kesehatan pencernaan jika konsumsinya tidak dikontrol. Dampak buruknya tidak hanya pada lambung saja.

Baca Selengkapnya
Bahaya Konsumsi Makanan Kemasan yang Sudah Menggembung, Bisa Keracunan

Bahaya Konsumsi Makanan Kemasan yang Sudah Menggembung, Bisa Keracunan

Saat kemasannya menggembung tapi kondisi makanan terlihat aman dan warnanya tak berubah kita jadi ragu.

Baca Selengkapnya
Rumus Padanan Makanan

Rumus Padanan Makanan "1+1=3", Nutrisinya Jadi Meningkat

Mari kita lihat beberapa padanan makanan yang baik untuk tubuh.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Jangan Sepelekan Telat Makan, Banyak Dampak Buruknya

Jangan Sepelekan Telat Makan, Banyak Dampak Buruknya

Kebiasaan telat makan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Intip beberapa dampak buruknya.

Baca Selengkapnya
Jangan Dikonsumsi Berlebihan, Ini Bahaya Frozen Food

Jangan Dikonsumsi Berlebihan, Ini Bahaya Frozen Food

Walau praktis untuk diolah di bulan puasa, frozen food tidak disarankan dikonsumsi setiap hari. Cari tahu efek samping konsumsi frozen food menurut pakar.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

Sahabat Dream kalian sudah coba belum makanan yang lagi viral satu ini? kalau belum, kalian wajib coba sih

Baca Selengkapnya