Rasanya Pahit, Ini Dia 7 Manfaat Buah Mengkudu bagi Kecantikan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 7 April 2021 13:12
Rasanya Pahit, Ini Dia 7 Manfaat Buah Mengkudu bagi Kecantikan
Meskipun rasanya pahit, namun buah mengkudu bisa menjadi solusi yang tepat untuk mendukung kecantikanmu.

Dream – Buah mengkudu tentu sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena ada banyak orang yang memiliki tanaman ini di halaman rumah mereka. Buah mengkudu atau pace ini memiliki warna hijau dan jika sudah matang warnanya akan menjadi kuning berkombinasi dengan putih dan ukurannya membesar.

Buah yang memiliki nama latin Morinda citrifolia ini masuk ke dalam kelompok tanaman kopi-kopian dan banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara dan Australia. Saat kamu menemukan buah ini, kamu akan mencium aroma yang tidak enak dan bahkan rasanya pun juga pahit. Namun, di balik penampilan yang tidak menarik ittu, ada segudang manfaat bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, buah mengkudu juga bisa diandalkan oleh kaum perempuan dalam mempercantik diri. Hal ini karena kandungan nutrisi di dalam buah mengkudu yang berupa vitamin, mineral, dan antioksidan. Untuk menggunakannya, kamu bisa mengolahnya menjadi jus mengkudu atau dijadikan sebagai masker wajah.

Daripada makin penasaran apa saja manfaat buah mengkudu untuk kecantikan, berikut adalah uraiannya sebagaimana dihimpun melalui Liputan6.com.

1 dari 4 halaman

Mengatasi Peradangan di Kulit dan Membantu Menyembuhkan Penyakit Kulit

Ilustrasi Alergi di Kulit© Foto. freepik

Mengatasi Peradangan di Kulit

Di dalam buah mengkudu terdapat sifat antiinflamasi yang bisa diandalkan untuk mengatasi peradangan di bagian kulit. Baik itu berupa jerawat, psoriasis, alergi, maupun terkena paparan sinar matahari yang terlalu berlebih.

Selain itu, kandungan berupa antihistamin di dalam buah mengkudu juga akan membantu agar peradangan berhenti. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan daging buah mengkudu dan mengoleskannya ke wajah atau menggunakan air perasannya. Lalu diamkan sekitar 10 menit dan bilas sampai bersih.

Membantu Menyembuhkan Penyakit Kulit

Buah mengkudu mampu untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Hal ini karena di dalam buah mengkudu memiliki efek anti bakteri serta anti radang. Penyakit kulit yang bisa disembuhkan misalnya saja luka bakar dengan derajat yang ringan, eksem, infeksi jamur, dan alergi. Namun perlu kamu ketahui bahwa buah ini hanya sebagai pendukung dari obat-obatan saja dan bukan sebagai pengobatan yang utama.

2 dari 4 halaman

Solusi Rambut Rontok dan Mengatasi Ketombe

Ilustrasi Rambut Rontok© Foto. pixabay

Solusi Rambut Rontok

Bagi kamu yang memiliki masalah rambut rontok, maka solusinya adalah dengan menggunakan buah mengkudu. Rambut rontok tentunya akan sangat mengganggu sekali dan jika terus-terusan terjadi bisa menimbulkan kebotakan. Faktor genetis, polusi, usia, dan gizi yang tidak seimbang bisa menjadi pemicu kerontokan rambut.

Sedangkan di dalam buah mengkudu terdapat vitamin dan mineral yang bisa melancarkan sirkulasi darah serta nutrisi menuju kulit kepala. Sehingga hal ini tidak akan mengganggu pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala pun akan terjaga. Cara menggunakannya adalah dengan mengonsumsi jus buah mengkudu secara teratur atau bisa juga dengan creambath dengan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan.

Mengatasi Ketombe

Ketombe disebabkan oleh adanya bakteri serta infeksi jamur yang nantinya bisa membuat kepala menjadi gatal. Unuk mengatasinya, kamubisa memanfaatkan buah mengkudu yang memiliki kandungan vitamin C dan beragam antioksidan.

Kemudian, buah mengkudu juga memiliki sifat asam yang mampu untuk menyeimbangkan pH kulit kepala. Karena pH yang seimbang sangatlah penting agar ketahanan kulit tetap terjaga dari infeksi bakteri dan kuman. Cara menggunakannya mudah sekali, di mana hanya perlu menghaluskan daging buah mengkudu dan digunakan untuk keramas. Berikan pijatan dan diamkan beberapa menit, lalu bilas sampai bersih.

3 dari 4 halaman

Menjaga Sel Kulit dan Mengatasi Jerawat

Ilustrasi Masalah Jerawat© Foto. freepik

Menjaga Sel Kulit

Manfaat buah mengkudu bagi kecantikan adalah untuk menjaga sel kulit. Hal ini karena adanya asam lemak esensial dan zat peroxironine di dalam buah mengkudu yang mampu melindungi serta memperbaiki sel-sel yang mengalami kerusakan, tidak terkecuali sel kulit.

Selain itu juga ada kandungan vitamin C dan antioksidan yang bisa mencegah dari kerusakan kulit diakibatkan oleh radikal bebas yang asalnya dari makanan serta polusi udara.

Mengatasi Jerawat

Buah mengkudu memiliki berbagai kandungan antioksidan yang salah satunya adalah vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung bahan antiinflamasi, anti virus, dan anti bakteri yang kuat. Antioksidan di dalam buah mengkudulah yang memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas sebagai pemicu masalah kulit berupa jerawat.

Kemudian untuk anti bakteri, antiinflamasi, dan anti virus pada buah mengkudu ampuh dalam mencegah terjadinya peradangan serta infeksi. Dengan begitu, jerawat pun menjadi cepat kering, tidak menjadi merah, bengkak, hingga bernanah.

4 dari 4 halaman

Mencegah Keriput

Ilustrasi Masalah Keriput di Wajah© Foto. freepik

Buah mengkudu bisa kamu andalkan untuk mencegah keriput. Keriput sendiri adalah salah satu dari tanda-tanda penuaan dini. Dalam sebuah studi ilmiah telah menemukan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak mengkudu bisa mencegah penuaan dini di kulit. Hal ini karena adanya kandungan berupa antrakuinon di dalam buah mengkudu.

Senyawa inilah yang bisa mendorong pembentukan kolagen dan sangat penting untuk menjaga kulit tetap elastis. Selain itu, kandungan vitamin C dan phytochemical di dalam buah mengkudu memiliki peran sebagai antioksidan yang akan menangkal serangan radikal bebas. Kemudian juga ada selenium yang akan mempertahankan kondisi kulitmu agar tetap elastis.

Jika sahabat Dream tertarik untuk mendapatkan manfaat-manfaat dari buah mengkudu tersebut, yuk jangan ragu untuk mulai memanfaatkan buah ini.

Beri Komentar