Tips Jaga Kebersihan Area Kewanitaan Saat Mudik

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Selasa, 28 Mei 2019 19:27
Tips Jaga Kebersihan Area Kewanitaan Saat Mudik
Toilet umum seringkali kotor dan tidak nyaman digunakan.

Dream - Lebaran semakin dekat, banyak orang mulai mempersiapkan diri untuk mudik. Namun bagi wanita, mudik bisa menjadi tantangan tersendiri. Sahabat Dream pasti pernah mengalami rasa malas untuk pergi ke toilet saat mudik.

Sering kali toilet umum yang kita jumpai di jalan raya terlihat kotor dan tidak nyaman digunakan. Belum lagi dengan perjalanan jauh yang menuntut kita untuk duduk dalam waktu lama.

Terlalu lama duduk akan membuat kondisi celana dalam jadi lembap dan memicu pertumbuhan bakteri Candinda Albicans yang menyebabkan berbagai masalah kewanitaan.

" Area kewanitaan yang kotor akan memicu keputihan, bau hingga rasa gatal. Bakteri bisa naik ke organ kewanitaan atas dan menyebabkan sulit hamil hingga menyerang saluran kencing pemicu Infeksi Saluran Kemih," kata Dinda Derdameisya, dokter aesthetic gynaecologist di acara Andalan Feminine Care Fresh Ramadan bersama Dream.co.id, Jakarta, Selasa 28 Mei 2019.

1 dari 2 halaman

Ganti Celana Dalam Tiap 4 Jam

Wanita dianjurkan mengganti celana dalam setiap empat jam sekali saat mudik. Pilih celana dari bahan katun agar area kewanitaan tetap kering. Hindari pantyliners karena justru membuat area kewanitaan semakin lembap.

Jika terpaksa buang air kecil di toilet umum, pilih toilet yang paling kering agar terhindar dari berbagai bakteri. Memakai toilet sanitizer dapat membantu menekan bakteri dan mengurangi aroma tak sedap pada toilet.

 Andalan© Andalan

" Toilet yang paling kering adalah tempat paling bersih. Kemudian ketika nge-flush, pastikan toilet lid dalam posisi tertutup agar mencegah bakteri tidak berhamburan ke udara," dr. Dinda.

2 dari 2 halaman

Sabun Khusus

Jangan lupa selalu membawa sabun khusus area kewanitaan saat mudik. Kadar pH dalam air tidak cukup asam untuk menjaga kebersihan vagina. Sebaliknya, sabun mandi bersifat basa sehingga dapat membunuh bakteri baik.

Bisa menggunakan Andalan Feminine Care yang diformulasikan secara khusus untuk menemani momen mudik kamu. Ada juga Andalan Fresh yang diperkaya dengan daun sirih yang bersifat sebagai antibakteri alami.

Ada juga Andalan White yang dapat mengembalikan warna alami area kewanitaan dengan kandungan ekstrak lily dan Andalan Revitalize dengan ekstrak manjalani yang berfungsi meremajakan area kewanitaan.

" Sabun ini dibuat khusus untuk area kewanitaan dengan pH 3,5-4,9. Sabun bayi dan sabun lainnya punya pH di atas 9. Sedangkan untuk air sendiri 7. Jadi tak cukup untuk mendapatkan tingkat keasaman itu. Belum lagi kalau airnya tidak higienis," papar Maharani Anindita, Brand Manager Andalan Feminine Care.

 Andalan© Andalan

Andalan Fresh Ramadan juga diramaikan dengan talkshow seputar kesehatan area kewanitaan yang diikuti oleh para influencer. Menjelang berbuka, ada workshop melukis canvas clutch menggunakan cat akrilik yang dipandu oleh Ngebenang. Seru banget, Sahabat Dream!(Sah)

 

Beri Komentar