Terkuak! Alasan Orang Suka Mengigit Kuku

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 19 Juli 2018 08:43
Terkuak! Alasan Orang Suka Mengigit Kuku
"Orang-orang mengira mereka menggigit kuku ketika sedang stres, tetapi tidak sesederhana itu".

Dream - Bagi sebagian orang, mengigiti kuku merupakan kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Kebiasaan ini Sebagian orang menganggap perilaku menggigit kuku adalah sebuah kebiasaan buruk yang muncul karena rasa panik dan bosan.

Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang melakukan menggigit kuku karena membutuhkan sokongan psikologis. Menurut Kieron O'Connor, seorang peneliti di University Institute of Mental Health, Montreal, Kanada, tidak ada kaitannya antara suasana hati dengan menggigit kuku.

" Orang-orang mengira mereka menggigit kuku ketika sedang stres, tetapi tidak sesederhana itu," kata O'Connor kepada Mental Floss.

Menurutnya, orang juga akan menggigit kuku ketika mereka bosan dan sendirian. Ada kalanya mengigit kuku terasa nyaman, yaitu ketika ia merasa kewalahan oleh situasi yang membuatnya stres. Atau ketika mereka merenungkan beberapa perilaku masa lalu yang membuat mereka merasa malu.

Pada umumnya, menggigit kuku digunakan sebagai pengatur suasana hati. Semacam 'alat' yang digunakan untuk mengalihkan perhatian mereka atau memberikan bantuan sementara (stimulasi) kapan pun perasaan yang tidak diinginkan muncul.

Menggigit kuku rupanya lebih sering terjadi pada seorang perfeksionis. Diketahui mereka yang suka menggigit kuku cenderung menjadi 'organizational perfectionists', atau orang yang cenderung terlalu banyak rencana, bekerja terlalu banyak, dan menjadi gelisah ketika mereka tidak merasa puas dalam melakukan sesuatu.

Sumber: Mental Floss

Laporan: Erisa Riyana

 

Beri Komentar