Ubah Stigma, Kepala Teknik MRT Ini Buktikan Perempuan Bisa Raih Pendidikan Tinggi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 16 Februari 2022 15:47
Ubah Stigma, Kepala Teknik MRT Ini Buktikan Perempuan Bisa Raih Pendidikan Tinggi
Dalam pendidikan seharusnya semua punya kesempatan yang sama

Dream - Perempuan sejatinya memiliki hak untuk menentukan pilihan dalam hidupnya. Pilihan untuk sukses dalam karier maupun pendidikan bisa dibuat tanpa harus terkurung oleh stigma keliru selama ini. Perempuan adalah sosok multitalenta karena bisa berperan dalam banyak peran.

Meski harus diakui perjuangan untuk mengubah stigma perempuan adalah golongan subordinat masih cukup berat di Indonesia. Perempuan muda di Indonesia masih menghadapi tantangan dari lingkungan yang menghambat mereka untuk memilih, berkembang dan meraih cita-cita.

Ekspektasi dan stigma masyarakat terhadap sosok perempuan telah mempengaruhi cara wanita menentukan masa depan.

Salah satu stigma yang masih berkembang di masyarakat itu adalah perempuan hendaknya tidak bersekolah atau memiliki karier tinggi karena akan membuat pasangan menjadi minder. Bahkan ada beberapa bidang kerja yang dianggap tidak cocok untuk para perempuan hanya karena melihat fisik semata.

Stigma soal bidang pekerjaan itu telah didobrak oleh sosok perempuan yang menjadi kepala dari para teknisi di PT MRT Jakarta.

1 dari 4 halaman

Sukses Jalani Profesi yang Mayoritas Digeluti Lelaki

Masuk ke dalam bidang yang mayoritas digeluti oleh pria, Tengku Alia Sandra telah berkecimpung belasan tahun di dunia industri railway, PT MRT Jakarta. Saat ini Alia bahkan sudah dipercaya untuk menjadi Head of Railway Engineering Department PT MRT Jakarta.

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

”Tidak mudah menjalani profesi yang mayoritas digeluti laki-laki, namun kehadiran perempuan memberi sentuhan yang berbeda. Bagi saya kuncinya adalah keep your heads up, mau membuka diri, memanfaatkan peluang, dan selalu haus akan pengetahuan," ujar Tengku Alia Sandra pada konferensi virtual Glow & Lovely, Selasa 15 Februari 2022.

Alia menambahkan bahwa pendidikan menjadi pondasi dasar utama perkembangan karirnya. Ia berkuliah melalui jalur beasiswa di jurusan perkeretaapian.

2 dari 4 halaman

Kesempatan Perempuan Akses Pendidikan Tinggi dengan Beasiswa

Melihat pentingnya pendidikan bagi perempuan, Glow & Lovely percaya perempuan memiliki kesempatan sama untuk maju dan berkembang melalui pendidikan tinggi. Dengan pendidikan yang tinggi perempuan dapat berkontribusi lebih, termasuk dalam bidang yang masih
kurang peran serta perempuan di dalamnya.

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Untuk mendorong semua perempuan untuk memiliki kesempatan yang sama, Glow & Lovely Bintang Beasiswa kembali membuka kesempatan bagi 60 perempuan muda yang terkendala finansial untuk meneruskan pendidikan tinggi sesuai dengan minatnya. Kami berharap program ini dapat mendorong perempuan muda Indonesia memaksimalkan potensi mereka,” jelas Imelda Scherers, Senior Brand Manager Glow & Lovely pada kesempatan yang sama.

Sejak 2017, tercatat total lebih dari 65.000 peserta dari berbagai wilayah Indonesia yang mendaftar di program Glow & Lovely Bintang Beasiswa, dan 270 perempuan muda Indonesia yang berhasil melanjutkan pendidikan tinggi untuk mendekat kepada cita-cita mereka.

3 dari 4 halaman

Kelas Pendampingan untuk Kembangkan Diri

Selain dukungan beasiswa, Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2022 akan menghadirkan program kelas pendampingan secara lebih intens dengan materi yang bervariasi dan terkini selama empat tahun perkuliahan agar para penerima manfaat bisa memiliki bekal soft skill atau life skill yang mumpuni, terlebih di era yang kian dinamis dan kompetitif.

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

”Pada tahun ini kami membagi pendampingan menjadi dua, yaitu capacity building agenda berkala tahunan sejak 2017 sesuai kalender akademis, dan inspirational classes yang akan dilaksanakan lima kali dalam setahun dan bisa diikuti oleh Adik Bintang lintas angkatan," jelas Yudi Anwar, Executive Director Hoshizora Foundation pada kesempatan yang sama.

Glow & Lovely Bintang Beasiswa akan memfasilitasi penerima manfaat beasiswa yang disebut Adik Bintang sebanyak enam kelas pendampingan sehingga diharapkan mereka juga dapat terus beradaptasi dan menjadi individu yang lebih tangguh.

4 dari 4 halaman

Mau Ikut Beasiswa Ini? Begini Caranya

  • Melakukan simple sign up registration. Pada simple sign up, calon peserta mengisi form online di website www.kelasberbagicerah.com. Setelah mengisi simple sign up, setiap peserta akan mendapat email terkait langkah selanjutnya yaitu kelengkapan berkas. Pendaftaran dimulai bulan Januari hingga akhir 22 April 2022.
  • Setiap calon peserta yang telah menerima email, wajib mengisi form online lanjutan dari Hoshizora Foundation sesuai dengan instruksi yang tertera pada email.
  • Tim Hoshizora Foundation akan menyeleksi berkas pendaftar dan mengumumkan hasil seleksi berkas pada bulan Mei 2022.
  • Calon peserta yang lolos seleksi berkas akan melanjutkan ke tahap seleksi interview secara daring selama bulan Juni 2022.
  • Peserta yang lolos seleksi interview akan melanjutkan ke tahap home-visit secara daring selama bulan Juli 2022.
  • Proses seleksi diselenggarakan oleh tim Hoshizora Foundation menggunakan platform daring seperti telepon dan video call.
  • Pengumuman akhir peserta Glow & Lovely Bintang Beasiswa dilakukan di akhir bulan awal Agustus 2022 dan inaugurasi akan dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2022.
  • Setiap peserta yang dinyatakan lolos di setiap tahap seleksi akan menerima konfirmasi melalui SMS/email/WhatsApp dari Hoshizora Foundation.
  • Bagi yang tidak menerima konfirmasi tersebut, dinyatakan tidak lolos seleksi.
Beri Komentar