3 Kota Purba yang Masih Dihuni Manusia

Reporter : Puri Yuanita
Minggu, 11 Oktober 2015 06:02
3 Kota Purba yang Masih Dihuni Manusia
Mungkin tak banyak di antara Anda yang tahu bahwa ternyata ada sejumlah tempat kuno berusia ratusan tahun yang masih tersisa di dunia.

Dream - Mungkin tak banyak di antara Anda yang tahu bahwa ternyata ada sejumlah tempat kuno berusia ratusan tahun yang masih tersisa di dunia. Menakjubkannya lagi, beberapa di antara tempat-tempat tersebut masih dihuni manusia hingga sekarang.

Nah, inilah 5 kota purba di dunia yang masih dihuni manusia.

1. Ife
Ife adalah salah satu kota paling tua di dunia. Konon, tempat yang terletak di Nigeria ini sudah ada sejak 350 tahun sebelum masehi. Kota ini dikenal dengan mitologi dewa-dewinya. Salah satunya adalah cerita jika salah satu dewa orang-orang Ife punya dua buah tanah liat.

Satu buah untuk menciptakan manusia, satunya lagi untuk menciptakan raja yang memimpin Ife. Kota ini sempat hancur akibat perang yang terjadi di abad 18. Untungnya, beberapa bagian masih tetap utuh.

Uniknya, Ife masih jadi tempat tinggal sekelompok penduduk bernama Ooni yang menempati pusat kerajaannya. Jumlahnya sendiri ada 600 ribu orang. Tempat ini juga dijadikan tempat penelitian para mahasiswa Nigeria dan dunia.

2. Sidon
Di masa keemasannya, Aleksander Agung sukses menguasai banyak sekali tempat di dunia ini. Salah satunya adalah kota bernama Sidon. Kota indah ini sempat dihancurkan total gara-gara para penduduknya sama sekali tidak melawan ketika diinvasi.

Kemudian waktu berganti dan Sidon pun beralih dikuasai oleh kekaisaran Ottoman. Di bawah kerajaan Muslim kota ini dibangun berkali-kali. Meskipun tidak ditinggali sekarang ini, namun siapa pun bisa untuk sekadar mampir.

Di sini kamu akan bisa melihat Temple of Eshmun, yakni kuil untuk Dewa Phoenician yang dibangun sangat cantik. Memasuki kota ini akan membuat Anda merasa kembali ke 3000 tahun sebelum masehi.

3. Byblos
Kota paling tua lainnya yang masih ada mungkin adalah Byblos. Alasannya, para peneliti menaksir jika kota ini sudah dibangun sejak 6000 tahun sebelum masehi.

Byblos sendiri ditinggali oleh para sejarawan dan ilmuwan untuk diteliti. Dalam sejarah perkembangannya, Byblos pernah diinvasi oleh orang-orang Amorite dan berhasil membuat kota ini hancur.

Untungnya, Byblos adalah daerah yang dilindungi oleh Mesir. Sehingga " Negeri Firaun" tersebut juga turut serta dalam pembangunan kota ini kembali. Kota ini sekarang masuk daftar warisan dunia UNESCO.

(Ism, Berbagai sumber)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie