Jakarta, Kota dengan Bahasa Terbanyak di Dunia

Reporter : Puri Yuanita
Sabtu, 10 Oktober 2015 07:02
Jakarta, Kota dengan Bahasa Terbanyak di Dunia
Sebuah situs yang fokus pada perkembangan bahasa dunia, Ethnologue.com baru-baru ini memasukkan Jakarta sebagai salah satu dari beberapa kota di dunia yang memiliki bahasa terbanyak.

Dream - Sebuah situs yang fokus pada perkembangan bahasa dunia, Ethnologue.com baru-baru ini memasukkan Jakarta sebagai salah satu dari beberapa kota di dunia yang memiliki bahasa terbanyak.

Tak bisa dipungkiri memang, Jakarta menjadi gudang dari berbagai bahasa karena masyarakat yang tinggal di dalamnya berasal dari berbagai daerah dan etnis di nusantara.

Sebagian besar penduduk Jakarta bahkan merupakan pendatang dari daerah lain yang merantau karena tertarik dengan iming-iming meraih kesuksesan jika mengadu nasib di ibukota negara.

Fenomena merantau ini pula yang turut andil dalam terjadinya sebuah akulturasi budaya hingga menyebabkan ada banyaknya pula bahasa yang digunakan.

Menurut situs Ethnologue, setidaknya terdapat 700 bahasa berbeda yang diucapkan warga Jakarta. Memang sebagian besar orang yang datang ke Jakarta menggunakan bahasa Indonesia. Namun tidak sedikit pula yang masih menggunakan bahasa daerahnya masing-masing dalam kehidupan sehari-hari.

Keragaman bahasa penduduk Jakarta menjadi salah satu nilai lebih sekaligus daya tarik yang membuat banyak wisatawan penasaran ingin datang. 

Sementara itu, kota-kota lain yang juga masuk dalam daftar Ethnologue sebagai kota dengan bahasa terbanyak adalah Port Moresby (Papua Nugini), Lagos (Nigeria), New Delhi (India), dan Los Angeles (Amerika Serikat).  (Ism) 

 

 

Beri Komentar