Pesta Wisata Bahari Ungkap Keindahan Tersembunyi di Jawa Barat

Reporter : Puri Yuanita
Sabtu, 10 Oktober 2015 08:20
Pesta Wisata Bahari Ungkap Keindahan Tersembunyi di Jawa Barat
Dibalut panorama alam hutan yang memukau, membuat pantai andalan Subang ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Dream - Indonesia kian gencar mengembangkan potensi wisata bahari. Tak ayal berbagai kegiatan terus dilakukan untuk mempromosikan sekaligus menunjukkan pada dunia keunggulan sektor maritim Nusantara.

Salah satunya, Pemerintah Kabupaten Subang melalui Dinas dan Kebudayaan Pariwisata didukung oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menggelar 'Pesta Wisata Bahari 2015' di Pantai Blanakan, Subang, Jawa Barat. Pesta Wisata Bahari ini digelar mulai 1 Oktober hingga 11 Oktober 2015. Puncaknya, akan ditutup dengan kegiatan upacara adat 'Nadran' dan pawai perahu.

Pantai Blanakan dipilih sebagai lokasi gelaran akbar tersebut karena memiliki potensi yang luar biasa sebagai sebuah destinasi wisata. Dibalut panorama alam hutan yang memukau, membuat pantai andalan Subang ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Sebelumnya, keberadaan dan keindahan Pantai Blanakan belum banyak dilirik orang. Karena itulah, Kementerian Pariwisata terus memberikan dukungan kepada Pemerintah Subang untuk fokus menggarap potensi pantai tersebut sebagai tujuan wisata.

Tak hanya menyuguhkan panorama alam indah, pantai Jawa bagian utara ini juga menawarkan sensasi pengalaman menikmati kearifan lokal yang unik. Beragam pertunjukan seni dan budaya dapat dijadikan tontonan menarik bagi para wisatawan yang datang. Contohnya, ritual upacara Nadran yang kerap digelar masyarakat Blanakan sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta.

Upacara Nadran ini biasanya diawali dengan kegiatan pawai perahu, melepas dongdang dan dilengkapi dengan acara hiburan lainnya seperti pagelaran seni khas pantura yaitu sandiwara pantura/tarling, wayang kulit, dangdut show dan kegiatan lainnya.

Di Pantai Blanakan wisatawan juga dapat berwisata kuliner. Wisatawan dapat menyantap ikan segar yang dipilih dan dibeli langsung dari tempat pelelangan. Berwisata kuliner di pantai ini akan terasa semakin nikmat karena dibumbui dengan keramahan masyarakat pesisir. 

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian