Natuna, 'Surga' Wisata Religi yang Diklaim Tiongkok

Reporter : Puri Yuanita
Rabu, 18 November 2015 10:15
Natuna, 'Surga' Wisata Religi yang Diklaim Tiongkok
Natuna memiliki segudang kelebihan sebagai kepulauan di garis terdepan Indonesia. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah potensi wisata religi yang ada di sana.

Dream - Kabar Kepulauan Natuna yang menjadi 'rebutan' antara Indonesia dan Tiongkok tengah menyeruak. Tak heran memang, mengapa kepulauan Indonesia yang satu ini membuat Tiongkok begitu tergiur.

Natuna memiliki segudang kelebihan sebagai kepulauan di garis terdepan Indonesia. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah potensi wisata religi yang ada di daerah ini.

Kepulauan Natuna berada di Provinsi Kepulauan Riau dengan mayoritas penduduk Melayu dan beragama Islam. Bukti eksistensi masyarakat muslim di sana dilihat dari keberadaan sebuah masjid bernama Masjid Agung Natuna.

Masjid Agung Natuna merupakan maskot dari kepulauan ini. Masjid ini juga yang menjadi salah satu magnet kuat dalam sektor pariwisata Natuna.

Masjid Agung Natuna resmi selesai dibangun pada tahun 2009 lalu dan merupakan bagian dari Kompleks Gerbang Utaraku yang merupakan pusat pemerintahan dan bisnis di wilayah Ranai.

Salah satu yang membuat Masjid Agung Natuna tampak menarik adalah kubahnya yang mirip dengan Kubah Taj Mahal di India. Masjid ini juga disebut sebagai masjid terbesar dan termegah di Provinsi Kepulauan Riau.

Masjid Natuna mampu menampung 180 jemaah dalam setiap baris atau shaf. Ornamen-ornamen di dalamnya mengambil inspirasi dari Al-Quran.

Bagian tengah masjid tampak diterangi cahaya alami yang bersumber dari kubah berlukiskan kaligrafi dan bermotif bunga.

Bangunan utama masjid dikelilingi 4 menara di tiap sisi dan memiliki 6 kubah berwarna hijau dan kuning terang.

Tak hanya bangunannya, lokasi berdirinya masjid ini membuatnya tampak semakin menarik. Masjid ini berada tepat di tengah kepulauan indah. Dari belakang masjid Anda dapat menyaksikan hamparan pegunungan hijau yang senada dengan warna kubah.

Masjid ini menjadi salah satu destinasi wajib bagi para wisatawan yang ingin berwisata religi di Kepulauan Natuna.

(Sumber: situs Pemkab Natuna, humas.natunakab.go.id) 

 

Beri Komentar