Salah Renovasi, Situs Bersejarah Diolok Mirip `SpongeBob`

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 23 Oktober 2015 11:43
Salah Renovasi, Situs Bersejarah Diolok Mirip `SpongeBob`
Arsitek yang bertanggung jawab atas renovasi sebuah situs bersejarah di Turki tampaknya tidak pernah menyangka jika hasil karyanya berakhir dengan cibiran para pengguna internet di seluruh dunia.

Dream - Arsitek yang bertanggung jawab atas renovasi sebuah situs bersejarah di Turki, tampaknya tidak pernah menyangka jika hasil karyanya berakhir dengan cibiran para pengguna internet di seluruh dunia.

Ya, sebuah situs bersejarah berupa kastil kuno bernama Kastil Ocakli yang mereka renovasi, justru menghasilkan bangunan baru yang dianggap mirip dengan tokoh kartun SpongeBob. Tak ayal banyak netizen di media sosial yang mengolok-oloknya.

Dilansir dari BBC, kastil ini berasal dari abad ke 19 dan membutuhkan renovasi total setelah diketahui kondisinya dalam keadaan rusak parah.

Pemugaran kemudian dilakukan selama beberapa tahun dan menghasilkan bangunan baru yang lebih fresh. Namun sayangnya, bentuk kastil malah dinilai mirip SpongeBob dan menjadi buah bibir banyak pengguna internet.

Sepintas bangunan baru ini mmang menyerupai SpongeBob hanya warnanya saja yang sedikit berbeda. Pada satu sisi terdapat dua jendela besar berbentuk kotak dengan tambahan jendela berbentuk setengah lingkaran yang terlihat seperti mata lengkap dengan alis.

Jendela lebih kecil di bawahnya yang mirip mulut semakin membuat penampakan kastil seperti wajah tokoh kartun SpongeBob.

Beberapa komentar pedas pun bertebaran di media sosial. Salah satu akun Twitter bernama @aakifozz bahkan memberikan sindiran bahwa kastil yang baru itu tidak lebih seperti bangunan peringatan atas SpongeBob.

Komentar lainnya juga dilontarkan oleh seorang jurnalis bernama Zeynep Gurcanli, yang tertawa dengan hasil pemugaran tersebut dan menganggapnya sebagai karya yang menyedihkan.

Menanggapi komentar negatif di luaran, penanggung jawab proyek tidak serta merta diam. Diketahui Prof. Kemal Kutgun Eyupgiller sebagai penanggung jawab memberikan pembelaan dengan menganggap orang-orang tidak memahami proses renovasi, yang memang sangat sulit karena harus mengembalikan bangunan yang sebelumnya rusak parah. (Ism) 

Beri Komentar