Thailand Destinasi Tepat untuk Wisatawan Muslim?

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 29 September 2015 09:02
Thailand Destinasi Tepat untuk Wisatawan Muslim?
Selain dikenal karena keindahan alam yang berhias budaya tradisional, tiga tahun terakhir Thailand mengklaim sebagai negara yang sukses di sektor pariwisata syariah.

Dream - Selain dikenal karena keindahan alam yang berhias budaya tradisional, tiga tahun terakhir Thailand mengklaim sebagai negara yang sukses di sektor pariwisata syariah. Bahkan menurut data terakhir, wisatawan muslim berhasil mencapai 14 persen dari total kunjungan wisata mancanegara.

" Di Thailand terdapat 3.600 masjid bahkan beberapa di antaranya sudah didirikan sejak 400 tahun lalu," ungkap Indra Nugraha, Marketing Manager Tourism Authority of Thailand.

Tidak hanya masjid, wisata halal yang tengah digaungkan kementerian pariwisata Thailand juga menyasar pada makanan dan hotel. Selain lezat, makanan-makanan khas negeri gajah putih ini pun telah mengantongi sertifikat halal.

Konsep hotel halal sangat terasa manfaatnya saat bulan Ramadan tiba. Restoran hotel akan memasakkan makanan baru dan hangat untuk para tamu hotel. Ditambah dengan sajian pembuka puasa selama bulan suci berlangsung.

Selain itu akan ada pengajian setiap hari menjelang buka puasa. Tapi kalau hari biasa pengajian cuma ada hari Jumat aja," imbuh Indra saat ditemui di kawasan Senayan.

Beberapa hotel yang telah memiliki label halal di antaranya yaitu Nouvo City Hotel, Grand Diamond Suites, Regent Hotel & Apartment, Royal Paradise Phuket dan A One Hotel Pattaya.

Pria berkacamata ini juga menyarankan agar para  pelancong muslim tidak sembarangan memilih makanan. Apalagi saat akan mencicipi kuliner di sebuah pusat perbelanjaan.

" Kalau di food court biar mudah menandai biasanya gerai akan memasang label lambang halal. Seperti food court di Siam Paragon, Terminal 21, Magic Suvarnabhumi Airport, MBK, Platinum dan gerai- gerai makanan yang buka di sekitar masjid," ungkap Indra beberapa saat lalu.

Sebaiknya calon wisatawan yang akan berkunjung ke Thailand mempelajari beberapa percakapan singkat untuk memudahkan membeli makanan. Sehingga terhindar dari kesalahan membeli makanan yang haram.

" Hafalkan kosakata kaya A - han halal man buat nanya makanan ini halal tidak? Atau bisa diingat-ingat kalau ayam kai, sapi neay lalu ikan itu kai dan kalau tertulis muu sudah pasti babi," pungkas Indra.

(Laporan: Ratih Wulan)

Beri Komentar