6 Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 8 Agustus 2019 09:12
6 Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya
Sakit kepala sebelah kerap muncul tiba-tiba, apa penyebabnya?

Dream- Sakit kepala sebelah, biasa dikenal dengan sebutan Migrain, adalah kondisi sakit di salah satu sisi bagian kepala yang parah, berulang dan terkadang bisa membuat penderitanya mual.

Biasanya sakit kepala sebelah akan dibarengi dengan gejala-gejala lain. Pada kondisi yang parah, migrain bisa berlangsung selama beberapa hari atau hanya hitungan jam.

Mengutip laman Medical News Today, sakit kepala sebelah bisa menimbulkan gangguan sensorik lain di bagian yang dekat dengan sisi kepala yang terkena migrain.

Sampai saat ini belum ada temuan yang sahih mengenai penyebab sakit kepala sebelah. Namun para ahli sudah bisa memperkirakan berbagai gejala sakit kepala sebelah yang mungkin sering kita alami.

Sebelum mengetahui penyebab sakit kepala sebelah, ada beberapa hal yang harus diketahui tentang sakit kepala sebelah atau migrain.

1 dari 5 halaman

Fakta Tentang Sakit Kepala Sebelah

Sakit Kepala Sebelah© Shutterstock

Migrain seringkali disalahartikan oleh para penderitanya dengan kondisi-kondisi tertentu yang tidak masuk akal. Padahal, sakit kepala sebelah merupakan hal yang wajar terjadi pada seseorang.

Ada beberapa hal tentang sakit kepala sebelah yang jarang orang tahu. Seperti fakta tentang sakit kepala sebelah di bawah ini:

-  Beberapa pemicu yang jadi penyebab sakit kepala sebelah kebanyakan karena alergi, paparan cahaya, dan stres.
-  Tidak semua orang yang mengalami sakit kepala sebelah mengalami gejala peringatan terlebih dahulu, namun sebagian lainnya mengalami gejala tersebut.
-  Sakit kepala sebelah dapat dicegah apabila sudah mengenali gejala-gejala sakit kepala sebelah yang akan menyerang.
-  Ada beberapa orang yang mengalami migrain bisa mengatasi migrainnya hanya dengan obat-obatan yang dijual di apotek.
-  Penderita sakit kepala sebelah yang sudah parah bisa mengonsumsi obat pencegah dengan resep dari dokter.

2 dari 5 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah, Hormon dan Emosi

Penyebab sakit kepala sebeah yang sahih memang belum dapat diketahui para ahli. Namun banyak yang menduga sakit kepala dipicu adanya aktivitas tidak normal di dalam otak.

Aktivitas tidak normal ini bisa mempengaruhi cara saraf berkomunikasi dengan bahan kimia yang ada dalam otak.

Sakit Kepala Sebelah© Shutterstock

Hormon

Hormon menjadi salah satu pemicu yang jadi penyebab sakit kepala sebelah. Perubahan pada hormon yang umumnya terjadi pada perempuan, bisa membuat seorang perempuan mengalami sakit kepala sebelah. Hormon ini biasanya mengalami perubahan saat menstruasi dan pada saat kehamilan.

Pemicu Emosional

Selain perubahan hormon yang bisa jadi penyebab sakit kepala sebelah, pemicu emosional seperti stres, gelisah, syok, dan kegembiraan yang berlebih, ternyata juga bisa menyebabkan sakit kepala sebelah. Berbeda dengan perubahan hormone yang kerap terjadi pada perempuan, penyebab sakit kepala sebelah ini bisa terjadi pada siapa saja.

3 dari 5 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah, Kondisi Fisik dan Diet

Selain pemicu yang datang dari dalam tubuh seperti perubahan hormon dan pemicu emosional, kondisi fisik seseorang juga bisa jadi penyebab sakit kepala sebelah.

Sakit Kepala Sebelah© Pixabay


Kondisi Fisik

Dalam keadaan sakit, kelelahan, kurang tidur dan kondisi fisik yang tidak baik lainnya, bisa memicu munculnya sakit kepala sebelah. Kelelahan fisik kerap dikaitkan dengan gula darah yang rendah yang menjadi penyebab sakit kepala. Selain itu, kondisi fisik yang kaget atau jet lag juga bisa membuat sakit kepala sebelah tiba-tiba muncul.

Diet

Selain kondisi tubuh yang kurang baik karena aktivitas fisik yang melelahkan, kegiatan diet juga bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah. Beberapa makanan yang dijadikan andalan diet seperti keju, jeruk dan makanan yang mengandung tyramine tambahan, dapat menyebabkan sakit kepala sebelah. Begitu pula keadaan tubuh  ketika dehidrasi dan pola makan yang tidak teratur.

4 dari 5 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah, Kondisi Lingkungan dan Obat-obatan

Pemicu yang jadi penyebab sakit kepala tidak hanya datang dari dalam tubuh, melainkan juga dari kondisi eksternal tubuh, seperti kondisi lingkungan dan konsumsi obat-obatan.

Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan yang tidak sehat, seperti paparan sinar yang berkedip-kedip, bau yang menyengat, asap rokok, suara bising yang terlalu keras, dapat memicu terjadinya sakit kepala. Selain itu, perubahan lingkungan seperti suhu dalam kamar yang terlalu pengap, lampu yang terlalu terang, dan perubahan suhu yang drastis, juga bisa jadi pemicu sakit kepala sebelah.

Sakit Kepala Sebelah© Shutterstock


Konsumsi Obat-obatan

Sakit kepala sebelah yang datang tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan, seperti obat tidur, obat terapi pengganti hormon, dan pil kontrasepsi. Konsumsi obat-obatan tersebut secara terus menerus bisa jadi penyebab sakit kepala sebelah yang mengganggu.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

 Sakit Kepala Sebelah© Pixabay

Untuk mengatasi penyebab sakit kepala sebelah tersebut, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Mengonsumsi obat-obatan mungkin tidak bisa ampuh mengatasi migrain bagi sebagian orang.

Cara mengatasi sakit kepala sebelah yang mudah, bisa dimulai dengan mengubah gaya hidup, seperti:
-    Istirahat yang cukup
-    Mengurangi stres
-    Minum banyak air
-    Menghindari makanan pemicu sakit kepala sebelah
-    Latihan fisik secara teratur

Apabila mengubah gaya hidup tidak begitu membantu, Sahabat Dream bisa melakukan konsultasi pada dokter dan menjalani pengobatan yang disarankan.

Semoga bermanfaat!

(Sah, Sumber: Medical News Today)

Beri Komentar