Ahli Gizi: Kurangi Lemak Jangan Lewat Susu

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 24 September 2020 17:12
Ahli Gizi: Kurangi Lemak Jangan Lewat Susu
Susu sapi segar adalah salah satu sumber gizi terbaik.

Dream - Banyak orang yang berfikir lemak merupakan kandungan yang tidak baik bagi tubuh. Sama seperti kandungan lainnya, memang terlalu banyak lemak tidak baik untuk tubuh.

Ahli nutrisi Emilia E Achmadi mengatakan, sebenarnya lemak merupakan kandungan yang penting untuk tubuh dan dibutuhkan untuk menyerap vitamin, terutama vitamin A dan D.

" Kalau ingin mengurangi kandungan lemak pada makanan, akan lebih baik jika mengurangi dari camilan-camilan seperti kacang, gorengan, tapi tidak mengurangi konsumsi susu," ujar Emilia dalam virtual konferensi pers, Rabu 23 September 2020.

Dia menyebut susu sapi segar adalah salah satu sumber gizi terbaik untuk keluarga, orang dewasa maupun anak-anak.

Susu sapi segar mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, protein untuk membangun otot, vitamin dan mineral yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Susu sapi segar juga merupakan salah satu sumber vitamin D yang alami yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.

1 dari 3 halaman

Susu Sapi atau Kambing yang Lebih Baik? Ini Petunjuk Rasul

Dream - Susu dikatakan sebagai salah satu komponen dari menu 4 sehat 5 sempurna. Jenis asupan yang satu ini mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dihasilkan dari hewan-hewan seperti sapi, unta dan kambing. Kini adapula susu yang merupakan hasil olahan kedelai dan bahan lainnya.

Lalu dari beragam jenis susu tersebut, manakah yang paling baik? Diriwayatkan, dalam praktiknya sejak zaman dahulu Rasulullah suka mengonsumsi susu unta, kambing maupun sapi. Bahkan secara khusus beliau menganjurkan umatnya untuk minum susu sapi.

Sebuah hadits bahkan berisi pesan Rasul terkait hal ini, "  Hendaklah kalian minum susu sapi karena ia makan dari setiap pohon."  (HR Ahmad, Hakim dan Ibnu Hibban; shahih)

2 dari 3 halaman

Meski begitu tak berarti susu sapi yang paling baik di antara jenis susu lainnya. Jika dilakukan pemeringkatan intensitas dari sirah Nabawiyah dan hadits justru didapati bahwa Rasul SAW lebih sering mengonsumsi susu kambing daripada susu sapi.

Ketika Rasul melakukan perjalanan hijrah ke Madinah, di Gua Tsur beliau dan Abu Bakar meminum susu kambing.

Menjelang tiba di Madinah, tepatnya di perkemahan Ummu Ma'bad, beliau kembali minum susu kambing. Beliau lapar dan haus, lalu disuguhi daging unta. Ketika terlihat oleh beliau ada kambing, beliau minta memerah susunya.

3 dari 3 halaman

Namun Ummu Ma’bad mengatakan bahwa kambing tersebut sudah tidak menghasilkan susu. Di sanalah terlihat mukjizat beliau. Dengan membaca basmalah dan berdoa, beliau memerah susu kambing tersebut hingga cukup untuk minum beliau dan Abu Bakar, bahkan sahabat lainnya yang tiba di tempat itu.

Jadi, mau pilih susu kambing atau sapi, keduanya sama baik dan dilegitimasi oleh Al Quran dan hadits. (Ism) 

Beri Komentar